Sukses

5 Tips agar Tubuh Tetap Kuat Saat Puasa

Saat berpuasa sangatlah penting untuk menjaga tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang baik serta terjaga dari dehidrasi.

Liputan6.com, Jakarta Tidak mengkonsumsi selama hampir 13 jam saat berpuasa bukanlah hal mudah. Saat berpuasa, sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap mendapatkan nutrisi yang baik serta terjaga dari dehidrasi.

Menjaga tubuh tetap produktif merupakan tantangan saat berpuasa. Sebagian orang seringkali merasa lemas, sehingga sulit untuk beraktivitas saat berpuasa. Seperti dilansir dari Men's Health, berikut 5 tips agar tubuh tetap kuat beraktivitas saat puasa:

1. Konsumsi makanan dengan serat tinggi

Asupan nutrisi yang baik akan membuat energi tubuh bertahan lebih lama. Nutrisi baik membuat tubuh memiliki sumber cadangan energi memadai, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama saat berpuasa. Selain itu, jangan lupa untuk meminum air putih agar tubuh tidak dehidrasi.

2. Konsumsi protein

Tubuh Anda menggunakan asam amino dari protein untuk menciptakan energi serta memperbaikinya. Makanan tinggi protein akan memperlambat kerja perut, sehingga Anda tidak terlalu merasa lapar saat berpuasa.

3. Konsumsi lemak secukupnya

Lemak akan membuat Anda merasa kenyang. Lemak juga merupakan sumber energi yang baik bagi seseorang yang akan berpuasa karena lemak lebih padat dibandingkan dengan karbohidrat ataupun protein. Namun, konsumsilah dengan jumlah yang sesuai serta pastikan juga Anda mengkonsumsi lemak baik dan menghindari lemak jahat.

4. Hindari konsumsi minuman manis

Konsumsi minuman manis saat sahur justru akan membuat Anda merasa haus lebih cepat. Minuman seperti kopi juga akan mengeluarkan air dari tubuh Anda. Jika Anda mengkonsumsinya saat sahur, Anda kemungkinan akan merasa lemas dan mengalami dehidrasi.

5. Makan secukupnya

Jangan memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar saat sahur. Sebaliknya, fokuslah pada nutrisi makanan yang Anda konsumsi. Nutrisi makanan yang baik dapat memberikan Anda energi lebih banyak saat puasa.

 

Penulis: Kharuni Caesario 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.