Bagi Virzha, Mengaji Bukan Cuma Bacaan, tapi Perlu Pemahaman

Oleh Fitri.Syarifah pada 03 Mei 2019, 04:00 WIB
[Bintang] Virzha Idol

Liputan6.com, Jakarta Suara Virzha nyatanya tak hanya terdengar merdu saat melantunkan lagu-lagu andalannya. Terbukti, ketika membacakan beberapa ayat surat Al-Qadr, Virzha pun fasih melantunkan dengan hukum bacaan (tajwid) Alquran yang detil.

Menurut Virzha, pendidikan agama memang sudah diterapkan oleh kedua orangtuanya sejak kecil. Bahkan, sang ayah terbilang sosok orangtua yang tegas soal urusan agama.

"Memang dari kecil emang disekolahin ngaji dulu. Keluarga saya termasuk keluarga yang agamis dan ayah saya bisa dibilang tegas soal itu," ucap Virzha beberapa waktu lalu.

Di bulan suci Ramadan ini, pelantun lagu "Sirna" itu pun bertekad untuk mengkhatamkan Alquran dalam tempo satu bulan. Hal yang diakuinya terakhir ia lakukan saat masa kecil dulu. "Tahun ini pengin khatam Alquran, terakhir waktu SD (khatam Quran)," tuturnya.

Untuk mewujudkan cita-citanya khatam Quran selama Ramadan, pria 28 tahun itu rutin melahap sedikitnya tiga halaman Quran setiap harinya. "Sekarang masih di Al-Baqarah. Setelah salat Subuh biasanya (tadarus Quran). Biasa bacanya sampe tiga ain, tadi sekitar tiga halaman," ucap Virzha.

Meski begitu, nyatanya Virzha tak hanya sekedar membaca Quran. Perlahan, ia pun mencoba untuk lebih memahami dari setiap ayat yang ia baca dengan mengkaji lebih dalam arti dari ayat-ayat yang ia baca setiap harinya.

"Sekarang saya enggak mau sekadar baca, tapi juga makna isinya. Alquran bagi aku bukan susah untuk bacanya, tapi untuk ngebacanya butuh waktu. Setelah baca Arabnya, saya baca artinya, itu pelan-pelan karena bahasa Alquran sulit dimengerti," ucap Virzha. ( Puput Puji Lestari)