Sukses

Jangan Sampai Terlewat, Ini Keutamaan Salat Tarawih Saat Ramadan

Salat tarawih merupakan ibadah sunah malam khusus bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Datangnya bulan suci Ramadan hanya tinggal menghitung hari saja. Pada bulan suci itu, umat Islam di seluruh dunia akan berlomba-lomba berbuat kebaikan.

Saat Ramadan, banyak sekali cara untuk bisa meraih rida Allah SWT. Selain dengan puasa wajib, umat Islam dapat meraih keberkahan melalui ibadah-ibadah sunah.

Salah satu ibadah sunah yang dapat dilakukan adalah salat tarawih. Salat ini merupakan ibadah sunah malam khusus bulan Ramadan.

Meski ibadah malam, salat tarawih tidak disyariatkan dikerjakan dengan tidur lebih dulu. Salat ini berbeda dengan tahajud yang disunahkan untuk tidur terlebih dahulu sebelum melaksanakannya.

Salat tarawih bisa dilakukan sendiri, mengingat hukumnya adalah sunah. Akan tetapi, jumhur ulama menyatakan jauh lebih baik jika dilaksanakan dengan berjemaah di masjid.

Sementara alasan mengapa salat tarawih sangat dianjurkan, sebab ada sejumlah keutamaan di dalamnya. Pertama, untuk mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT.

Hal ini berdasar pada hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA.

"Barangsiapa melakukan qiyam Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadis Lainnya

Selain itu, Imam An Nawawi dalam Al Minhaj Syarh Shahih Muslim menjelaskan makna qiyam Ramadan, yaitu salat tarawih.

Hadis ini menunjukkan salat tarawih merupakan penggugur dosa, asalkan dilakukan secara ikhlas mengharapkan rida Allah SWT.

Keutamaan kedua yaitu tarawih berjemaah seperti salat semalaman. Hal ini seperti disinggung dalam hadis riwayat An Nasa'i, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad.

"Siapa yang sholat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh."

Sedangkan keutamaan ketiga yaitu tarawih merupakan seutama-utamanya salat sunah. Pandangan ini dikemukakan oleh para ulama Mazhab Hambali.

 

Reporter : Ahmad Baiquni

Sumber : Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.