Sukses

Baca Doa Ini Saat Berziarah Kubur

Berikut ini doa yang dibaca saat berziarah kubur

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kebiasaan bagi kebanyakan orang Islam untuk berziarah kubur ke makam orang tua dan kerabat menjelang Ramadan atau Idul Fitri. Salah satu dari hikmah ziarah kubur adalah mengingatkan kita akan kehidupan akhirat.

Ziarah kubur juga dapat menurunkan rasa cinta terhadap kehidupan duniawi. Lalu, apakah doa yang baiknya dibaca ketika berziarah?

Imam Nawawi dalam kitabnya al-Adzkar menjelaskan bahwa para peziarah hendaknya mengawali ziarah dengan mengucapkan salam kepada ahli kubur sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Baru selanjutnya memperbanyak bacaan Alquran dan zikir.

Mengutip dari Nu.or.id, doa yang dianjurkan untuk dibaca kepada ahli kubur adalah berikut ini.

 

Secara singkat, setelah mengucap salam, hendaknya membaca surat Al-Fatihah 3x, surat al-Ikhlas 3x, al-Falak, dan an-Nas, lalu kembali surat Al-Fatihah, awal surat al-Baqarah, ayat kursi, lalu beberapa bacaan zikir dan salawat seperti biasa dibacakan dalam kegiatan tahlil. Sebelumnya juga dapat ditambahkan dengan bacaan surat Yasin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini