Sukses

Quraish Shihab: Zikir Menghasilkan Ketenangan Batin

Menurut Quraish Shihab, ada dua hal untuk memperoleh ketenangan batin. Yaitu menghayati sekuat kemampuan tentang sifat-sifat Allah SWT dan berserah diri.

Liputan6.com, Jakarta - Alllah SWT berfirman,"Sungguh dengan menyebut-nyebut nama Allah, hati akan menjadi tenang."

Mengapa demikian? Menurut Quraish Shihab, ada dua hal untuk memperoleh ketenangan batin. Pertama, menghayati sekuat kemampuan tentang sifat-sifat Allah SWT. Kedua, berserah diri sepenuhnya kepada Allah setelah memberikan usaha maksimal. 

Makna yang pertama, banyak sifat-sifat Allah, tapi ada satu ayat di dalam Alquran yang dinamakan ayat pemelihara, pemberi ketenangan. Dalam ayat itu disebut tidak kurang dari 17 kata yang menunjuk kepada Allah.

Tidak ada satu ayat dalam alquran yang mengandung kata yang menunjuk kepada Allah lebih dari ayat tersebut.

Mari kita lihat kandungan ayat tersebut dan bagaimana Dia memberikan ketenangan kepada orang yang menghayati makna-makna ini. Tidak ada penguasa, tidak ada pengendali, tidak ada pencipta alam raya ini kecuali Dia. Al Hayyu, Dia Yang Maha Hidup dan Dia Yang Memberi Hidup.

Kalau begitu, tidak perlu mengkhawatirkan hidup kita karena Allah yang memberi kehidupan kepada kita dan memelihara kehidupan ini.

Al Qayyum, Dia yang mengurus seluruh makhluk dengan sempurna, termasuk diri kita tentu saja. Dia juga tidak disentuh oleh kantuk dan tidak pula tidur. Jika demikian maka janganlah khawatir karena Dia selalu melihat kita dan bersama kita setiap saat. Bahkan ketika kita tidur nyenyak pun Allah tetap terjaga melihat dan mengetahui kita.

Miliknya di bawah kendalinya, segala sesuatu yang ada di dalam raya ini, yang di langit dan di bumi tidak ada yang bisa mengajukan permohonan apa pun. Kecuali permohonan itu diajukan setelah diizinkan olehnya. Jangan kita menduga ada yang berdoa kepada Allah untuk mencelakakan kita. Allah akan melindungi kita selama Anda bersama Dia.

Dia mengetahui apa yang ada di hadapan orang dan apa yang ada di belakangnya. Tidak ada seorang pun yang mengetahui sesuatu, kecuali pengetahuannya itu bersumber dan atas izin Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.