Sukses

8 Berkah Bulan Ramadan yang Hanya Dirasakan Satu Kali dalam Setahun

Berkah bulan Ramadan yang perlu kamu rasakan, hanya sekali dalam setahun.

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa, bulan suci Ramadan akan datang sebentar lagi. Menurut prediksi Profesor Riset Astronomi-Astrofisika dari BRIN, Thomas Djamaluddin, awal bulan Ramadan akan jatuh pada 2 atau 3 April 2022. Karenanya, ia memprediksi pemerintah akan memutuskan Ramadan dimulai pada 3 April 2022.

Seperti diketahui, Ramadan merupakan bulan paling istimewa bagi umat Muslim, sehingga banyak yang menyambutnya dengan suka cita. Pada bulan ini, ada pahala yang tak terbatas dan berlipat ganda yang diberikan oleh Allah SWT.

Selain itu, pada bulan ini, umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama sebulan, dimana umat muslim harus mengendalikan hawa nafsu, menahan haus dan lapar mulai waktu sahur (subuh) hingga tibanya waktu berbuka puasa saat adzan Maghrib dikumandangkan.

Bulan ini juga diketahui memberikan banyak berkah. Karenanya, umat Muslim bisa mendapatkan berkah bulan Ramadan dengan amalan-amalan yang sederhana. Salah satunya adalah dengan mengucap zikir atau bersedekah.

Hal ini tampaknya sederhana, tapi ganjaran yang diterima bisa berlipat-lipat ganda dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Karenanya tak heran, di bulan Ramadan, umat Islam disarankan untuk meningkatkan ibadah.

Berlimpahnya berkah bulan Ramadan dan pahalanya membuat umat Islam berlomba-lomba berbuat kebaikan demi mengharapkan pahala yang besar dari-Nya. Selain itu, bulan Ramadan juga menjadi waktu yang tepat untuk saling memaafkan satu sama lain.

Namun tidak hanya disambut dengan hati penuh suka cita, niat amalan tersebut perlu diiringi dengan doa agar bisa diterima. Doa tersebut adalah :

"Allahumma sallimnii ilaa ramadlaana wa sallim lii ramadlaana wa tasallamhu minni mutaqobbalaa."

Yang artinya :

"Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadan, dan antarkanlah Ramadan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadan.”

Selain dengan doa, ada berkah bulan Ramadan lain yang bisa kamu rasakan di bulan Ramadan kali ini. Untuk kamu yang ingin mengetahuinya, Liputan6.com, Senin (7/3/2022), telah merangkum dari berbagai sumber mengenai berkah bulan Ramadan yang bisa kamu terima dengan melakukan amalan yang disunnahkan. Apa saja? Simak rangkumannya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berkah Bulan Ramadhan

Perbanyak Do’a

Orang yang menjalankan puasa, saat berbuka adalah salah satu orang yang doanya di mustajab. Oleh karena itu, perbanyaklah berdoa saat kamu sedang berpuasa, terlebih saat sedang berbuka. Berdoalah untuk kebaikan diri kamu sendiri, keluarga, bangsa, dan saudara-saudara kamu sesama muslim yang ada di belahan dunia ini.

Menghatamkan Al-Qur’an

Berkah bulan Ramadhan bisa kamu dapatkan dengan cara menghatamkan Al-Qur’an. Ya, bulan Ramadhan merupakan bulannya Al-Qur’an. Pada bulan inilah Al-Qur’an pertama kali turun dari lauhul Mahfuzh ke langit dunia sekaligus. Dengan ini Alah SWT berfirman:

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)”. – Al Baqarah: 185.

 

3 dari 5 halaman

Berkah Bulan Ramadhan: Shalat Tarawih

Shalat Tarawih

Selain itu, berkah bulan Ramadhan yang hanya bisa kamu dapatka di bulan ini adalah dengan shalat tarawih. Rasulullah SAW bersabd: “Barang siapa yang menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

I’tikaf

I’tikaf adalah berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah SWT. I’tikaf ini disunnahkan bagi laki-laki dan perempuan, karena Rasulullah SAW selalu beri’tikaf terutama pada sepuluh malam terakhir dan para istrinya juga ikut I’tikaf bersamanya. Juga hendaknya orang yang melaksanakan I’tikaf ini memperbanyak dzikir, istighfar, membaca Al-Qur’an, berdoa, shalat sunnah, dan lain sebagainya.

4 dari 5 halaman

Memperbanyak Berbuat Kebaikan

Memperbanyak Berbuat Kebaikan

Bulan Ramadhan merupakan peluang emas bagi setiap muslim untuk menambah jumlah pahalanya di sisi Allah. Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Baihaki dikatakan bahwa amalan sunnah pada bulan Ramadhan bernilai seperti amalan wajib dan amalan wajib ini senilai 70 amalan wajib di luar Ramadhan.

Maka itu, raihlah setiap peluang untuk berbuat baik sekecil apapun meskipun hanya sekedar tersenyum di depan orang lain. Ciptakanlah kreasi dan inovasi dalam berbuat kebaikan agar tabungan kebaikan kamu terus bertambah.

Bersedekah

Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan” (HR. Tirmidzi).

Ibnu Abbas RA berkata: “Nabi (Muhammad SAW) adalah orang yang paling dermawan di antara manusia. Kedermawanannya meningkat saat malaikat Jibril menemuinya setiap malam hingga berakhirnya bulan Ramadhan, lalu Nabi membacakan al-Quran di hadapan Jibril. Pada saat itu kedermawanan Nabi melebihi angin yang berhembus.”

Dan pada akhir bulan Ramadhan Allah mewajibkan kepada setiap muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah sebagai penyempurna puasa yang dilakukannya.

 

5 dari 5 halaman

Berkah Bulan Ramadhan: Umaroh dan Berbagi

Umroh

Bulan Ramadhan juga merupakan waktu terbaik utnuk melaksanakan umrah, karena dengan umroh pada bulan Ramadhan memiliki pahala tersendiri seperti pahala haj bersama Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda, “Umroh pada bulan Ramadhan seperti haji bersamaku”.

Nah, itu tadi beberapa amalan yang bisa kamu lakukan selama di bulan Ramadhan. Kurangi kegiatan-kegiatan yang bersifat sia-sia dan lakukan amalan-amalan berpahala sebagai tabungan untuk di akhirat kelak.

Memberi Buka Puasa

Berusaha untuk memberikan makanan untuk berbuka puasa bagi mereka yang berpuasa walaupun hanya seteguk aiar, ataupun sebutir kurma, maka sebagaimana sabda Rasulullah yang berbunyi: “Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikit pun”. (Bukhari Muslim).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.