Sukses

Doa Puasa Ramadhan yang Wajib Kamu Ketahui, Dilengkapi Niat dan Doa Berbuka

Kamu harus tahu berbagai doa yang diucapkan sebelum melakukan amalan-amalan di bulan ramadhan ini.

Liputan6.com, Jakarta Doa Puasa Ramadhan sudah seharusnya dihafalkan oleh umat muslim. Apalagi dengan hikmah bulan ramadhan yang penuh dengan pahala dan rahmat dari Allah SWT. 

Tentunya kamu tidak ingin ketinggalan dalam berbuat amal kebaikan pada bulan ramadhan. Dengan melaksanakan berbagai amal dan ibadah di bulan Ramadhan kamu bisa menyiapkan diri untuk menghadapi kehidupan berikutnya di akhirat kelak.

Untuk itu, kamu harus tahu berbagai doa yang diucapkan sebelum melakukan amalan-amalan di bulan ramadhan ini. Doa puasa ramadhan ini sebaiknya kamu hafalkan sehingga ketika akan melakukan ibadah kamu bisa langsung mengucapkannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/4/2019) tentang doa puasa Ramadhan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Niat Puasa Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim. Kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan ini tentunya membuat kamu harus serius dalam menjalankannya.

Doa puasa Ramadhan pertama yang harus kamu ketahui adalah niat puasa ramadhan. Bagi kamu yang mungkin sudah lupa atau untuk anak anak yang baru mulai puasa pada tahun ini, kamu bisa melihat niat puasa di bawah ini.

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadhan karena Allah Ta’ala.”

Pentingnya niat puasa ramadhan bahkan bisa membuat puasa kamu tidak sah bila tidak berniat dari dalam hati. Kamu tidak harus mengucapkannya, berniat di dalam hati saja sudah cukup. Niat merupakan doa puasa ramadhan yang harus kamu lakukan sebelum besoknya melakukan ibadah puasa.

Kamu bisa berniat malam ketika selesai sholat tharawih maupun ketika selesai sahur sebelum imsak. Jadi kamu wajib menghafalkan niat berpuasa yang merupakan salah satu doa puasa ramadhan ini.

3 dari 4 halaman

Doa Saat Makan Sahur

Sebenarnya tidak ada doa puasa ramadhan khusus yang harus kamu baca saat makan sahur. Sama seperti hari hari biasa, ketika kamu akan makan sahur, sebelumnya kamu bisa membaca doa sebelum makan atau membaca basmalah. Ketika makan sahur, jangan sampai makan terlalu berlebihan karena takut pada siang harinya merasa lapar.

Makanlah secukupnya dan pilihlah makanan sehat yang bisa bermanfaat untuk tubuhmu ketika berpuasa. Semua yang berlebihan itu tidak baik. Berikut doa sebelum makan, untuk kamu yang lupa dan belum tahu

Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka” (HR. Imam Malik dalam Al Muwatha’)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, waktu saat kamu makan sahur adalah waktu yang paling baik untuk berniat puasa. Bila kamu tidak melakukan niat berpuasa ramadhan sebelum terbit fajar, maka puasa yang kamu lakukan tidak sah.

4 dari 4 halaman

Doa Saat Berbuka Puasa

Sedangkan doa puasa ramadhan selanjutny adalah doa berbuka puasa. Ada dua versi doa puasa ramadhan untuk berbuka puasa. Salah satunya mungkin yang sering kamu gunakan dan sering didengar di televisi saat datangnya waktu berbuka puasa.

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Doa satu ini yang telah umum didengarkan dan diajarkan kepada kamu di sekolah. Selain itu, kamu juga akan sering mendengarnya di televisi maupun di radio di waktu berbuka puasa. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menghafalkan doa puasa ramadhan satu ini.

Ketika sudah masuk waktu berbuka puasa yang bertepatan dengan azan maghrib, kamu harus mengucapkan Alhamdulillah dan membaca doa berbuka puasa sebelum menyantap makanan maupun minuman yang tersedia. Walaupun kamu berada di tempat yang berbeda, dan memiliki waktu yang berbeda pula saat berbuka puasa, doa berbuka puasa tetap sama dan menjadi salah satu doa puasa ramadhan yang sangat penting untuk dihafalkan.

Sedangkan doa berbuka puasa yang kedua bersumber dari salah satu hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud)

Kamu tidak harus mengucapkan kedua doa puasa ramadhan tersebut saat akan berbuka puasa. Kamu hanya perlu melafadzkan salah satunya dan bisa langsung makan setelah itu. Tapi ingat, jangan makan terlalu berlebihan karena seharian belum makan. Makanlah secukupnya karena yang berlebihan itu selalu tidak baik.

Dengan mengenal doa doa yang harus diketahui selama bulan ramadhan ini, kamu bisa melakukan ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan baik. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadhan diterima oleh Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini