Sukses

Puasa Bukan Penghalang untuk Tetap Aktif Berolahraga

Kebutuhan nutrisi tidak berubah meski berolahraga di bulan puasa

Liputan6.com, Jakarta Menjaga daya tahan tubuh merupakan sebuah tantangan selama bulan puasa. Untuk mempertahankan tubuh tetap aktif, kita dianjurkan untuk berolahraga. Namun, orang seringkali enggan melakukan aktivitas fisik karena alasan sedang berpuasa.

Faktanya, olahraga saat sedang ber-puasa tetap bisa dilakukan. Asal tahu kapan dan durasi yang tepat untuk melakukannya.

Ahli Gizi Klinik, Jovita Amelia, menyarankan kita untuk tetap berolahraga dengan intensitas tidak terlalu berat selama bulan puasa. Memang, saat sedang puasa tubuh kemungkinan akan merasa lemas, karena energi yang berkurang. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Perbedaan Kebutuhan Nutrisi

Namun, tidak ada perbedaan kebutuhan nutrisi untuk orang berolahraga. 

"Asupan nutrisi yang dibutuhkan sama. Tapi kan energi sudah semakin berkurang. Tubuh memang pasti akan lemas sehingga energi untuk berolahraga tidak sebanyak biasanya," kata Jovita pada peluncuran Kampanye Sehat itu Berkah pada Selasa, 30 April 2019.

Menurutnya, selama bulan Ramadan bahan bakar lain yang tubuh gunakan adalah cadangan likogen yang bisa dipakai selama 24 jam, sehingga tubuh akan tetap memiliki energi.

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.