Sukses

3 Fitur Unggulan IGTV yang Patut Kamu Ketahui

Dengan kehadiran IGTV, pengguna Instagram bisa mengunggah video vertikal dalam durasi panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui kehadiran aplikasi IGTV, pengguna Instagram bisa mengunggah video vertikal dalam durasi panjang.

IGTV tidak hanya bisa diakses melalui aplikasi mandiri, tapi juga menjadi salah satu fitur di dalam layanan Instagram. Penggunaannya pun juga cukup sederhana.

Berbeda dengan Instagram, durasi video di IGTV tidak terbatas hanya sampai satu menit. Sebaliknya, semua video yang diunggah di IGTV bisa memiliki durasi maksimal hingga satu jam.

Penasaran ingin ikut menjajal IGTV? Berikut informasi singkat tentang jagoan baru Instagram tersebut:

1. Tampilan Sederhana

IGTV

Aplikasi mandiri IGTV dan fiturnya yang ada di Instagram memiliki tampilan serupa, sehingga ini akan mempermudah kalian menggunakannya.

Perbedaannya, pada aplikasi IGTV terdapat menu Settings yang berisi pengaturan Switch Accounts, Linked Account dan Log out.

Secara keseluruhan, tampilan IGTV terbilang sederhana. Pada laman utama IGTV, terdapat empat kelompok video yaitu For You, Following, Popular dan Continue Watching.

Sebagian besar video yang muncul di kolom For You dan Following, berasal dari akun-akun yang kalian ikuti di Instagram.

IGTV

Sama seperti Instagram, kalian juga bisa memberikan like, komentar dan mengirimkan video IGTV kepada teman-teman melalui Direct.

Kalian juga bisa mencari IGTV miliki pengguna Instagram lain. Namun jika kalian mengikuti atau follow akun lain di IGTV, maka otomatis hal serupa juga akan terjadi di dalam Instagram.

Hal ini karena untuk bisa menggunakan IGTV, maka kalian harus punya akun Instagram terlebih dahulu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Buat Channel

Setelah bisa masuk ke IGTV, maka kalian harus terlebih dahulu membuat channel. Nantinya, channel tersebut akan berisi video-video yang kalian unggah.

IGTV

Berbeda dengan fitur Stories, kalian tidak bisa menggunakan IGTV untuk merekam video dan langsung mengunggahnya.

Pasalnya, kalian harus menggunakan ponsel untuk merekam secara terpisah, kemudian mengunggahnya di IGTV. Video yang diunggah akan tampil dalam bentuk vertikal.

Semua pengguna Instagram bisa menikmati layanan baru ini. Aplikasinya sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Jika tidak ingin mengunggah aplikasinya, maka kalian harus memperbarui aplikasi Instagram untuk bisa mengakses IGTV.

Untuk IGTV di dalam aplikasi Instagram, ikon layanan tersebut berada di samping Direct pada laman utama.

Kumpulan video IGTV juga bisa dilihat dengan mudah di laman home pengguna, yang berada di samping Highlight Instagram Stories.

IGTV

3 dari 3 halaman

Durasi Video Instagram Diperpanjang

Selain IGTV, Instagram pada Rabu (20/6/2018), juga mengumumkan hal baru lainnya untuk para pengguna. Kini, para pengguna Instagram bisa mengunggah video dengan durasi maksimal 10 menit.

Perpanjangan durasi ini kian memperkuat layanan Instagram. Layanan milik Facebook ini terus merilis fitur baru untuk layanannya, khususnya Stories.

Kehadiran IGTV pun kian memperkaya layanan yang disuguhkan oleh Instagram. Jika kalian suka mengunggah video di Instagram, IGTV bisa menjadi pilihan tanpa harus membajiri linimasa pengguna lain.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.