Tips Langsing dari Ahli Gizi Setelah Santap Berbagai Hidangan Lebaran

pada 22 Jun 2018, 15:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2018, 14:13 WIB
Copyright: shutterstock.com

Jakarta Saat Lebaran, lidah akan dimanjakan dengan berbagai hidangan khas Lebaran yang super lezat. Namun, jika kita tidak dapat menjaga pola makan dengan benar, jangan kaget jika berat badan setelah berpuasa malah melonjak naik.

Makanan yang biasa disajikan saat Lebaran banyak mengandung santan. Contohnya opor ayam dan rendang. Mengonsumsi secara berlebihan bisa membuat berat badan melonjak naik usai Lebaran. Anda yang tak ingin berat badan naik bisa mengintip tips dari ahli gizi ini.

Satu kunci yang wajib anda terapkan adalah self-control, seperti batasi jumlah makan, pilih jenis makanan, atur makan, serta tidak ngemil berat sebelum tidur. Semua kembali lagi pada diri Anda untuk memilih makanan yang tidak terlalu berlemak dan manis, serta kurangi asupan garam.

Jam makan pun harus tetap teratur, mulai dari sarapan, makan siang, makan malam. Namun, yang perlu diperhatikan ialah usahakan untuk tidak makan 2-3 jam sebelum tidur.

Selain mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh, Anda juga wajib berolahraga. Tak harus yang berat, anda bisa berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik ringan selama 30 menit per hari untuk menjaga kestabilan berat badan.

Tak harus menyiksa diri untuk tetap langsing. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber: Vemale

Reporter: Ivana Okta Riyani