Perhatikan Beberapa Tips Ini Saat Anda Ingin Kembali ke Perantauan

pada 20 Jun 2018, 15:00 WIB
Copyright by Unpopulart/Chyntia Andarinie

Jakarta Tak terasa musim libur Lebaran hampir selesai. Waktunya kita untuk kembali ke perantauan dan menjalankan aktivitas seperti biasa. Nah, bagi Anda yang akan kembali ke perantauan, ikuti tips berikut ini.

Sebenarnya, tak jauh berbeda dari persiapan mudik, persiapan balik pun harus dilakukan dengan sangat baik dan terencana. Jangan sampai, karena kurangnya persiapan untuk balik, Anda pribadi maupun keluarga mengalami ketidaknyamanan selama di perjalanan.

Untuk persiapan balik, ini sedikitnya empat hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan dan rencanakan dengan baik.

Kendaraan

Hal penting pertama yang sangat penting diperhatikan adalah kendaraan. Pastikan kendaraan yang anda tumpangi layak jalan, aman dan nyaman. Ini berlaku untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika anda menggunakan kendaraan umum, usahakan untuk memilih kendaraan yang nyaman sejak jauh-jauh hari.

Barang Bawaan

Sama halnya dengan saat mudik, saat balik pun anda tak perlu membawa banyak barang bawaan. Pastikan untuk membawa barang bawaan secukupnya dan tidak berlebihan. Memang, beberapa barang bisa dibeli dengan harga yang sangat murah di kampung halaman. Hanya saja, jangan sampai memborong semua barang dan membawanya balik.

Selain sangat merepotkan, ini juga sangat memungkinkan membuat perjalanan Anda tidak lagi nyaman dan aman. Mengenai oleh-oleh dari kampung halaman, bawa juga oleh-oleh secukupnya saja. Bawa oleh-oleh untuk orang-orang terdekat, sahabat, juga kerabat.

Semangat Balik

Usahakan lebih bersemangat untuk balik seperti saat Anda semangat mudik. Dengan perasaan yang semangat dan bahagia, ini akan meminimalisasi perasaan kurang nyaman selama di perjalanan. Perasaan semangat juga bisa bantu menemukan berbagai kemudahan selama perjalanan balik. Malas balik setelah mudik umum dirasakan oleh siapa saja. Tapi, Anda juga harus ingat bahwa ada yang perlu Anda kejar dan perjuangkan di tanah perantauan yang jauh dari kampung halaman.

Cek dan Siapkan Semua Kebutuhan Balik

Cek semua barang bawaan yang hendak anda bawa balik. Cek juga berbagai barang pribadi yang dianggap penting untuk kembali dibawa balik. Agar tidak ada barang yang ketinggalan, lakukan packing minimal satu hari sebelum balik. Cek dan siapkan juga segala obat-obatan darurat yang Anda butuhkan selama melakukan perjalanan balik.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum balik. Bagaimanakah pengalaman mudik Anda? Sangat menyenangkan bukan?

Sumber: Vemale

Reporter: Rohmitriasih