Sukses

3 Tips Bagi Anda Yang Ingin Lunasi Hutang Setelah Lebaran

Hidup kadang berada diposisi atas dan suatu saat kita akan merasakan bagaimana berada di posisi bawah. Saat dalam posisi terdesak dan sangat membutuhkan uang maka tak jarang orang untuk mengambil keputusan untuk meminjam uang.

Jakarta Hidup kadang berada diposisi atas dan suatu saat kita akan merasakan bagaimana berada di posisi bawah. Saat dalam posisi terdesak dan sangat membutuhkan uang maka tak jarang orang untuk mengambil keputusan untuk meminjam uang.

Namun tak jarang kasus utang terjadi bukan karena musibah, melainkan karena ketidakmampuan seseorang mengelola keuangannya dan terjebak dalam gaya hidup yang tak sesuai dengan kemampuannya.

Di momen Lebaran sebentar lagi, yuk kita mulai dari nol. Bersihkan hati, bersihkan utang. Bebaskan diri dari jeratan utang dengan beberapa tips berikut ini.

1. Kurangi jajan atau makan di luar

Kebiasaan jajan atau makan di luar adalah pengeluaran kecil yang seringkali tidak terasa. Namun jika ditotal, bisa jadi faktor inilah yang membuat anda selalu kehabisan uang sebelum gajian tiba.

Bawalah bekal sendiri dari rumah untuk makan siang atau belajar memasak. Dengan cara ini pengeluaran bisa ditekan secara bertahap. Bijaklah menentukan kapan saat makan di luar dan kapan mencukupkan semuanya di rumah.

2. Jangan terpengaruh social media

Social media menawarkan begitu banyak informasi yang menggoda, misalnya skincare dan make up terbaru, tren fashion paling hits saat ini atau makanan kekinian yang bikin lapar mata.

Tahan diri dan beranilah bilang 'tidak' pada dirimu sendiri. Semakin sering kamu mengecek social media, anda akan ketagihan. Uang yang anda miliki juga akan semakin mudah dihabiskan untuk barang-barang yang anda inginkan, bukan yang dibutuhkan. Social media juga akan membuat anda membandingkan kehidupan anda dengan orang-orang lain di luar sana, sehingga anda akan semakin konsumtif mengikuti gaya mereka.

3. Mencari sumber pendapatan lain

Jika pekerjaan anda saat ini dirasa kurang cukup, carilah sumber pendapatan lain. Dengan adanya internet, pekerjaan lebih mudah dijangkau saat ini. Anda bisa berjualan online atau menjadi freelancer. Siapa tahu sumber pendapatan lain ini tak hanya bisa mencukupi kebutuhan keluarga, melainkan juga menjadi sumber tabungan yang lumayan hasilnya?

Nah itu dia tiga tips yang bisa kamu terapkan agar setelah momen Lebaran ini, kamu terbebas dari lilitan hutang. Semoga tips ini menginspirasi ya!

Sumber: Vemale

Reporter: Winda Carmelita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.