Sukses

Jaminan Allah Bagi Pribadi Penolong

Sifat suka menolong membuat seseorang begitu dipuji dalam Islam.

Jakarta Tolong menolong tentu merupakan amalan yang mulia. Tidak ada kerugian jika kita mau menolong yang membutuhkan.

Suka menolong sendiri merupakan salah satu sifat Rasulullah Muhammad SAW. Rasulullah bahkan selalu berusaha untuk tidak mempersulit orang lain.

Orang yang memiliki kecenderungan ini mendapat derajat tinggi dan pujian dalam Islam. Allah bahkan memberi jaminan bagi orang yang suka menolong.

Hal ini disampaikan Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan Muslim.

"Barangsiapa yang meringankan beban dan kesulitan orang mukmin, maka Allah akan melapangkan kesulitannya di hari akhirat kelak. Barangsiapa yang memudahkan orang lain, Allah juga akan mempermudah urusannya di dunia dan akhirat."

Dalam hadis ini terdapat dua manfaat sifat suka menolong. Dua manfaat tersebut merupakan jaminan langsung dari Allah SWT.

Jaminan pertama, orang yang suka menolong akan diringankan kesulitannya. Apalagi saat di akhirat kelak.

Jaminan kedua, segala urusan akan dimudahkan oleh Allah SWT. Ini karena pelakunya juga tidak berusaha untuk mempersulit urusan orang lain.

Tolong menolong tidak hanya sekadar membantu orang lain. Ada manfaat yang lebih besar di balik kecenderungan suka menolong, yaitu memperkuat silaturahim dan persaudaraan.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini