Resep Membuat Ketupat Empuk dan Tahan Lama

pada 14 Jun 2018, 07:20 WIB
Ketupat Empuk dan Tahan Lama

Jakarta Saat lebaran tak lengkap rasanya jika tanpa hidangan ketupat dengan lauk pauk yang hangat yang telah disediakan untuk makan bersama. Wah, sangat sedap rasanya jika dimakan bersama keluarga besar setelah acara halal bihalal digelar.

Namun anda juga perlu tahu bahwa memasak ketupat memang perlu cara dan tekniknya sendiri. Selain pemilihan janur dan beras yang baik, kita juga perlu memperhatikan cara merebusnya. Untuk membuat ketupat cepat empuk dan enak, yuk ikuti tipsnya di bawah ini.

1. Takaran Beras

Beras yang akan digunakan untuk ketupat sebaiknya direndam selama 30 menit lalu ditiriskan. Jika Anda menggunakan beras pulen, isikan 2/3 bagian saja pada selongsong ketupat. Kalau berasnya sedikit pera, isikan 1/3 bagiannya saja.

2. Merebus dengan Panci Biasa

Kalau Anda menggunakan panci biasa, pilih panci besar. Kemudian isi air dan masak hingga air mendidih. Baru setelah itu, masukkan ketupat yang sudah diisi beras. Kalau air menyusut, tambahkan lagi air mendidih supaya suhunya tetap stabil.

Dengan cara ini, Anda bisa butuh waktu 4-5 jam sampai ketupat benar-benar empuk dan masak. Setelah ketupat matang, tiriskan lalu angin-anginkan terlebih dahulu supaya ketupat lebih tahan lama.

3. Merebus dengan Panci Presto

Siapkan panci presto yang sudah diisi air. Pastikan ketupat berisi beras yang dimasukkan bisa terendam sempurna di dalam air. Kemudian masak hingga mendidih (ditandai dengan bunyi nyaring yang keluar dari panci presto). Kecilkan api, kemudian biarkan masak lagi selama 1 jam dengan api sedang.

Sebelum membuka tutup panci presto, keluarkan uap dari panci presto. Caranya? Mudah sekali kok, Anda tinggal mengganjal besi yang ada di tutup panci menggunakan sendok atau benda lainnya. Setelah uap sudah keluar semua, buka tutup panci. Ambil ketupatnya, tiriskan lalu gantung atau angin-anginkan hingga dingin.

4. Cara Penyimpanan

Anda bisa menyimpan ketupat dalam kulkas dengan membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu. Untuk menghangatkannya kembali, Anda bisa mengukusnya (jangan direbus). Ketupat yang masih utuh lebih tahan lama dibandingkan ketupat yang sudah dipotong.

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk menyambut lebaran dengan hidangan ketupat lezat? Selamat memasak!

 

Sumber: Vemale

Reporter: nda