Tips agar Anak Tenang Selama Salat Idul Fitri

pada 14 Jun 2018, 06:00 WIB
Diperbarui 16 Jun 2018, 05:13 WIB
4 Tips Agar Anak Tenang di Masjid Selama Sholat Idul Fitri

Jakarta Bagi Anda yang memiliki anak kecil dan ingin membawanya untuk ikut salat Idul Fitri nanti, simak beberapa tips agar anak tetap tenang dan tak mengganggu kelancaran selama berlangsungnya salat. 

Jika anak Anda masih berusia 2-5 tahun, sekiranya masih kecil dan tidak bisa dibiarkan sendiri dan kemungkinan akan merepotkan, lakukan hal ini.

1. Ke kamar mandi sebelum berangkat

Tidak ingin mengantar anak ke toilet di tengah-tengah salat? Sebelum berangkat ke masjid, tanya anak apakah ia ingin buang air kecil. Meski ia menolak, ajak saja untuk pipis, apalagi jika Anda tahu bahwa sebelumnya ia banyak minum.

2. Bawa baju ganti, boneka kesayangan dan botol minum

Untuk berjaga-jaga entah nanti ia pipis, menumpahkan minum ke baju dan segala kemungkinan lain, bawa tas kecil berisi semua keperluannya. Siapkan baju ganti, susu, camilan dan barang kesayangan yang sering dibawanya.

3. Bicara pada anak tentang aturan sebelumnya

Jika anda sudah sering mengajarkan anak untuk duduk tenang dan tidak banyak bicara selagi salat saat di rumah maupun di musala, akan lebih mudah menjelaskan pada anak bahwa ia juga tak boleh teriak-teriak dan lari-lari saat salat Id. Jika perlu, buat ia berjanji untuk tidak melakukannya, dan Anda akan memberi hadiah nantinya.

4. Ajarkan anak membaca takbir

Daripada membiarkan anak berlari-lari selagi menunggu sslat, alangkah baiknya jika mengajak anak duduk di pangkuan dan menuntunnya membaca takbir bersama. Karena ucapan takbir sendiri seperti lagu, anak akan mudah menirukannya.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan jika mengajak buah hati ikut serta salat Idul Fitri di masjid. Memang agak repot, terutama jika ini pertama kalinya bagi anda, namun pasti juga akan jadi pengalaman yang menyenangkan bisa lebaran bersama keluarga.

Sumber: Vemale

Reporter: Febi Anindyakirana

Live Streaming

Powered by