Tips-Tips Agar Foto Lebaran Terlihat Instagramable

pada 12 Jun 2018, 06:00 WIB
Diperbarui 14 Jun 2018, 04:13 WIB
5 Cara Jadikan Foto Lebaranmu Instagramable

Jakarta Tak terasa sebentar lagi kita akan menyambut datangnya hari raya bagi umat islam. Sebagai umat islam kita harus saling memaafkan atas segala kesalahan dan kekhilafan agar tiada benci dan dendam yang selama ini masih terpendam di dalam hati agar di hari idul fitri kita dapat benar-benar menjadi umat yang fitri.

Namun tak hanya itu saja, biasanya ketika kumpul-kumpul keluarga hal yang tak boleh ketinggalan ialah berfoto bersama. Setelah berfoto tentu kita ingin membagikannya di laman media sosial.

Nah, bagaimana caranya mengabadikan momen Lebaran agar tidak terlupakan? Apa saja tips membuat konten Ramadhan anda agar lebih Instagram-able? Cek di sini tipsnya!

1. Siapkan perangkat foto terbaik

Untuk mengabadikan momen seru bersama keluarga dan teman-teman, anda tentu butuh bantuan dari perangkat foto terbaik, seperti:

Smartphone

Smartphone sangat praktis, bisa dibawa kemana saja, dan mudah dioperasikan. Smartphone adalah sahabat anda untuk mengambil foto!

Kamera instan

Tren penggunaan kamera instan tidak pernah pudar. Anda bisa mengambil foto seru dan mendapatkan cetakan fotonya langsung, sehingga bisa anda letakkan di dinding kamar ataupun dompet.

Kamera mirrorless

Anda ingin hasil foto ala profesional tanpa ribet mengatur kamera? Siapkan kamera mirrorless kesayangan anda!

2. Berikan tampilan menarik

Untuk memberikan penampilan terbaik, anda bisa menggunakan padu padan outfit dengan warna monokrom atau warna senada. Untuk memberikan sentuhan warna ceria, anda bisa pilih hijab atau aksesoris dengan warna yang lebih berani.

Jika anda mengenakan hijab dan ingin tampil fresh, anda bisa mencoba penampilan baru dengan membuat style hijab yang lebih bervariasi. Ada banyak tutorial style hijab yang bisa anda coba pelajari secara online!

3. Ambil foto anti-mainstrem

Tahukah anda bahwa setiap hari, ada 52 juta foto yang diunggah ke Instagram di seluruh dunia?

Dengan banyaknya foto unggahan, anda harus memastikan bahwa foto yang anda miliki unik dan anti mainstream. Coba ambil foto dari sudut pandang yang unik, atau pergi ke tempat- tempat yang belum banyak diketahui orang. Alih-alih bergaya saat difoto, coba unggah foto candid yang lebih ekspresif dan ‘jujur’! Para pengikut anda di Instagram pasti akan memberikan lebih banyak ‘likes’ pada foto unikmu!

4. Foto diedit? Boleh banget

Untuk anda yang bukan fotografer profesional, mungkin saja hasil foto belum sempurna dalam sekali jepret. Nah, ini saatnya memanfaatkan kecanggihan aplikasi edit!

Tidak perlu memaksakan mengedit foto di komputer. Kini, ada banyak aplikasi edit foto yang bisa anda unduh dan operasikan lewat smartphone. Pastikan bahwa hasil akhir foto terlihat terang, jernih, dengan resolusi warna yang seimbang ya!

5. Backup data secara teratur

Setelah mengunggah foto-foto keren di media sosial, anda juga harus ingat untuk mem-back-upnya secara teratur agar momen berharga anda tidak hilang begitu saja.

Menurut survei dari Western Digital, sekitar 1 dari 2 orang belum berencana untuk melakukan back-up pada data digital mereka. Ini berarti, jika smartphone mereka rusak, hilang, atau dicuri, mereka akan kehilangan semua foto, video, sampai dokumen penting!

Untuk metode back-up yang paling mudah, pengguna iPhone bisa menggunakan SanDisk iXpand Base. Perangkat ini bisa mengisi baterai sekaligus sambil mem- backup semua foto, video, dokumen, dan kontak kamu. Bagi pengguna Android, ada SanDisk Dual Drive yang bisa digunakan unuk transfer data antara smartphone, tablet, komputer, dan sebagainya!

Mudah bukan? Selamat mencoba.

Sumber: Vemale

Reporter: Anisha Saktian Putri