Sukses

Ramainya WNI di Bangkok Hadiri Peringatan Nuzulul Quran

Tidak kurang dari 600 orang Warga Negara Indonesia (WNI) menghadiri acara Nuzulul Quran di Bangkok.

Liputan6.com, Bangkok - Tidak kurang dari 600 orang Warga Negara Indonesia (WNI) memadati Sport Hall KBRI Bangkok pada hari ke-17 Ramadan. Acara yang digelar pada 2 Juni 2018 itu dihadiri oleh staf KBRI Bangkok, anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP), guru dan siswa Sekolah Indonesia Bangkok.

Masyarakat Indonesia di Bangkok dan sekitarnya juga ikut serta menghadiri acara buka puasa bersama, salat Tarawih berjamaah dan peringatan Nuzulul Quran 2018.

Seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Minggu (10/6/2018), rangkaian acara pada petang hari tersebut diawali dengan kultum oleh Ustaz Doni Putra, da'i dari Dhompet Dhuafa, dan buka puasa bersama serta salat Magrib berjamaah.

Setelah santap malam bersama, acara dilanjutkan dengan Tarawih berjamaah dengan imam Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Peringatan Nuzulul Quran Tahun 2018 yang terdiri dari pembacaan Ayat Suci Alquran, yang dibacakan Koko Iwan Agus Kurniawan --mahasiswa Indonesia yang kuliah di Universitas Kasetsart Bangkok,  dan saritilawah oleh Aniq Shabrina Sri Mumpuni, siswi Sekolah Indonesia Bangkok.

Pada Peringatan Nuzulul Quran di Bangkok kali ini, bertema “Melalui Peringatan Nuzulul Quran 17 Ramadan 1439 Hijriyah, Kita Bangun Generasi yang Rabbani".

Duta Besar RI di Bangkok kemudian menyampaikan sambutan yang pada intinya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat mengambil hikmah peringatan Nuzulul Quran. Dengan memahami apa yang ada di dalam kitab suci tersebut baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun untuk bekal di akhirat.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meneladani Alquran

Senada dengan Duta Besar RI, Dr. H. Barsihannor M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar dalam ceramahnya yang berlangsung selama sekitar setengah jam, menekankan pentingnya meneladani Al Qur'an yang telah diturunkan pada Bulan Ramadan sebagai petunjuk untuk membedakan antara yang benar dan yang salah.

Disampaikan bahwa Alquran mengajarkan manusia untuk menjalankan kefitrahannya dan hendaknya diteladani serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan menjaga persatuan dan kesatuan dalam hidup bermasyarakat serta berbangsa dan negara.

Peringatan Nuzulul Quran ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh KBRI Bangkok pada Bulan Ramadan setiap tahunnya. Selalu dihadiri oleh sejumlah besar Masyarakat Indonesia yang ada di Bangkok dan sekitarnya.

Selain menjadi forum untuk beribadah, kegiatan ini juga membuka kesempatan bagi Masyarakat Indonesia di Bangkok untuk bersilaturahmi dan menikmati suasana buka puasa bersama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.