Sukses

Ramuan Andalan yang Ampuh Cegah Sakit Jelang Lebaran

Padatnya aktivitas jelang Lebaran bisa menurunkan daya tahan tubuh. Selain tidur cukup dan makan sehat, bisa juga buat ramuan ini.

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa ya tinggal hitungan hari Lebaran bakal tiba. Jelang Lebaran, biasanya banyak hal dilakukan mulai dari pulang ke kampung halaman, membersihkan rumah, atau membuat makanan.

Acapkali kesibukan jelang Lebaran membuat daya tahan tubuh menurun. Agar tak jatuh sakit, dokter yang menekuni pengobatan herbal, Prapti Utami, menyarankan untuk istirahat cukup dan makan seimbang pada saat sahur dan buka.

Selain itu, bisa diiringi dengan minum ramuan andalan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Perpaduan bawang putih, bawang bombai, dan jeruk nipis bisa mendongkrak daya tahan tubuh.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara membuat

Bahan:

10 siung bawang putih (sebesar jempol)

1 bawang bombai

3 jeruk nipis

Cara:

1. Cuci bersih semua bahan, potong-potong, lalu blender semua bahan termasuk kulit jeruk nipis sampai halus.

2. Simpan dalam wadah kaca lalu tutup rapat dan simpan di kulkas.

3. Bila ingin, tambahkan madu sebagai pengawet alami.

"Bila mulai pusing, tanda-tanda batuk atau pilek muncul bisa diminum satu sendok setelah makan," pesan Prapti lewat pesan singkat kepada Health-Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Boleh juga bila ingin dikonsumsi setiap hari. Minum sekali sehari sebanyak satu sendok makan tapi cukup lima hari saja dalam seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.