Sukses

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin Saat Jalani Ibadah Puasa

Saat puasa terkadang kita tak dapat mengontrol keseimbangan gizi dan lebih parahnya lagi jika tubuh sampai terserang penyakit akibat metabolisme yang menurun.

Jakarta Saat puasa terkadang kita tak dapat mengontrol keseimbangan gizi dan lebih parahnya lagi jika tubuh sampai terserang penyakit akibat metabolisme yang menurun.

Berikut ini adalah tanda anda kekurangan vitamin saat puasa dan berpengaruh kepada kesehatan anda. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Penglihatan yang Menurun

Saat puasa  anda mungkin merasakan penglihatan menjadi buram dan tidak jelas. Hal ini bisa jadi anda kekurangan asupan vitamin A. Kadang anda merasa hal ini wajar, namun jika dibiarkan akan berbahaya bagi kesehatan. Pastikan anda memenuhi kebutuhan vitamin A saat puasa, agar penglihatan tidak menurun.

Rambut Rontok

Saat puasa anda merasakan rambut menjadi mudah rontok, kemungkinan karena anda kekurangan zat besi. Zat besi tidak hanya menjaga kesehatan rambut namun juga membantu meningkatkan nafsu makan, mengurangi stres dan menambah kekebalan tubuh.

Bibir Pecah-Pecah

Saat puasa anda mungkin merasa kulit menjadi lebih kering dan bibir pecah-pecah. Hal ini karena tubuh kekurangan vitamin C. Selain itu tubuh saat kekurangan vitamin C akan menjadi lebih pucat dan tidak bersemangat. Untuk itu jangan lupa mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C.

Tubuh Mudah Lelah

Anda merasa tubuh mudah capek dan lelah. Bisa jadi karena tubuh anda kekurangan vitamin B12. Tubuh yang mudah lelah ini juga bisa jadi tanda gejala neuropati perifer. Maka penting untuk menjaga nutrisi makanan yang kamu konsumsi.

Demikian 4 akibat jika tidak menjaga nutrisi makanan selama puasa. Jadi jangan lupa terus jaga pola makan anda ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber: Vemale

Reporter: Ayu Puji Lestari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini