Sukses

Sering Pakai Earphone Selama Mudik? Begini Cara Merawatnya

Ada sejumlah kiat khusus merawat earphone untuk bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Apa saja? Berikut cara-caranya.

Liputan6.com, Jakarta - Earphone adalah salah satu perangkat elektronik yang paling diperlukan selama mudik. Tanpa earphone, mungkin perjalanan mudikmu akan terasa sangat membosankan karena tidak ditemani musik sama sekali.

Namun demikian, kamu harus mengecek kesiapan perangkat elektronik selama mudik, termasuk earphone. Pasalnya, kalau rusak di tengah jalan, pasti kamu tidak bisa mendengarkan musik favorit.

 Merawat earphone susah-susah gampang. Perlu trik khusus bagi pengguna agar dapat menjaga earphone-nya tidak cepat rusak. Membersihkan earphone pun bukan jalan satu-satunya untuk membuatnya tetap awet.

Ada sejumlah kiat khusus merawat earphone untuk bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Apa saja? Berikut cara-caranya.

1. Simpan Earphone di Tempat yang Semestinya

Seperti dilansir Make Use Of, Kamis (8/12/2016), rusaknya earphone kebanyakan terjadi akibat faktor penggunaan yang sembarangan, terlebih menyimpannya dalam tempat yang kurang layak.

Tak semua earphone memiliki pondasi kabel yang kuat. Karena itu, pengguna harus tahu betul tempat menyimpan earphone yang benar.

Menyimpan earphone di dalam saku celana, kantong kemeja, dan di dalam tas sangat tidak disarankan. Cobalah simpan earphone di dalam casing pelindung.

Kebanyakan vendor earphone kini menawarkan casing secara cuma-cuma untuk menyimpan earphone dan menjaganya dari kerusakan.

2. Jangan Gulung Kabel Sembarangan

Seperti yang ditekankan pada poin pertama, kebanyakan earphone memiliki tekstur kabel yang ringkih.

Maka dari itu, coba untuk menggulung kabel dengan aturan yang semestinya. Gunakan metode gulung simpul seperti pada gambar di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan dan Gunakan dengan Volume Normal

3. Rajin Bersihkan Earphone

Gunakan cairan desinfektan dan air hangat. Campur keduanya dalam kadar 70:30 (70 persen air hangat, 30 persen cairan desinfektan).

Lalu, ambil kapas atau kain microfiber dan celupkan ke cairan itu. Setelahnya, lap kabel, bagian luar earphone serta bagian dalam earphone secara perlahan dan menyeluruh. Lakukan hal ini berulang kali agar mendapatkan hasil maksimal.

Berikutnya, untuk 'mencabut' kotoran yang membandel dan menempel, Anda bisa menggunakan tusuk gigi/sikat gigi/cotton buds dan menyikatnya di bagian dalam earphone.

4. Gunakan Earphone dalam Volume Normal

Menggunakan earphone dengan volume keras ternyata dapat mempengaruhi performa earphone.

Kerasnya volume dapat merusak speaker dan komponen internal earphone. Akibatnya, kualitas audio earphone terus menurun akibat efek bass yang terlalu keras.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.