Sukses

Tips agar Kue Lebaran Tetap Terjaga Kualitas dan Kerenyahannya

Aneka kue kering untuk Lebaran sudah siap dari jauh-jauh hari? Jangan khawatir, ini tips agar kue Lebaran Anda tetap lezat dan renyah meski sudah disimpan lama.

Jakarta Ada orang yang sengaja menyiapkan aneka kue kering dari jauh-jauh hari. Namun, Anda jangan sampai lupa untuk perhatikan kualitas serta cara penyimpanannya agar saat dihidangkan nanti rasanya tetap lezat dan renyah. Simak tips dari Vemale berikut ini ya.

Kunci pertama agar kue tidak cepat melempem adalah memastikan stoples tertutup rapat. Agar kelembapan udara tidak merusak tekstur kue kering, kita harus menutup stoples wadah kue kering rapat-rapat. Jika udara masuk ke dalam stoples, kue bisa dengan mudah melempem dan rasanya juga tidak lagi renyah. Tapi ternyata ada tips lain yang bisa dicoba untuk menjaga kue kering renyah lebih lama dan tak gampang melempem.

Masukkan Kemasan Berisi Garam atau Silica Gel

Jika kelembapan kue terjaga, maka tidak akan cepat melempem. Salah satu cara supaya kelembapan udara dalam stoples tetap terjaga adalah dengan memasukkan silica gel dalam stoples atau wadah kue kering. Bagaimana kalau tidak ada silica gel? Kita bisa menggunakan alternatif kemasan garam. Caranya sangat mudah,anda hanya perlu membungkus 1-2 sdt garam dengan kain yang bersih dan kering. Setelah itu masukkan kemasan garam tersebut ke dalam stoples yang akan diisi kue kering. Cukup praktis, bukan?

Pastikan Kue Kering dalam Keadaan Dingin

Ini nih hal yang kelihatannya sepele tapi ternyata memegang peranan penting. Sebaiknya jangan langsung memasukkan kue yang masih hangat atau masih panas ke dalam stoples. Biarkan kue tersebut benar-benar dingin sebelum anda memasukkannya ke dalam stoples,agar tak mudah melempem nantinya.

Letakkan di Tempat yang Jauh dari Makanan Berbau Menyengat

Kue kering bisa berubah rasanya bila terlalu dekat atau malah tercampur dengan makanan berbau menyengat. Jadi, pastikan stok kue kering yang anda miliki disimpan jauh dari aneka makanan berbau menyengat, seperti terasi dan buah durian.

Stoples yang Digunakan Harus Bersih dan Kering

Stoples yang Anda pakai harus bersih dan usahakan steril. Setidaknya anda harus mencuci stoples dengan bersih dan bilas dengan air panas terlebih dahulu. Baru keringkan. Kalau stoples sudah bersih dan kering, kue yang disimpan di dalamnya bisa bertahan lebih lama.

Satu Stoples untuk Satu Jenis Kue

Hati-hati, mencampuradukkan berbagai jenis kue dalam satu stoples akan sangat mempengaruhi kelembapannya. Kue pun jadi cepat rusak jika dicampurkan dengan jenis kue yang lain. Karena tingkat kerenyahan setiap kue bisa berbeda satu sama lain. Anda pastinya tak ingin kan kue yang sudah susah payah anda buat malah rusak karena dicampur dengan kue lainnya?

Oh ya, anda juga bisa membuat label khusus untuk ditempelkan di bagian bawah stoples atau di permukaan bawah tutup stoples yang berisi tanggal anda memasukkan kue tersebut ke dalam stoples. Agar tidak kelupaan dan bisa mengira-ngira kapan batas kedaluwarsanya.

Sekarang pastinya sudah lebih siap dong menyambut Lebaran dengan kue kering terbaik yang telah Anda siapkan? Semoga tipsnya bermanfaat.

Sumber: Vemale

Reporter: Endah Wijayanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini