Sukses

Beri Pengertian tentang Angpau Lebaran kepada Anak

Sudah menjadi hal yang lumrah memberikan angpau Lebaran untuk anak. Tapi jangan sampai hadiah ini menjadi hal yang kurang bermanfaat. Sebagai orang tua, kita harus tetap memberi pengertian kepada anak tentang angpau Lebaran.

Jakarta Tak jarang, bahkan sudah menjadi hal yang lumrah tradisi memberikan angpau lebaran untuk anak. Namun, jangan sampai hadiah angpau Lebaran ini menjadi hal yang kurang bermanfaat. Sebagai orang tua, kita harus tetap memberi pengertian kepada anak tentang angpau Lebaran tersebut.

Jadi, apa sebenarnya nilai penting yang diperoleh dari memberi angpau saat Lebaran. Momen Lebaran adalah hari yang menyenangkan, maka tidak ada salahnya Anda memberikan angpau kepada anak-anak. Tidak harus berupa uang, Anda dapat memberi beberapa bingkisan, seperti baju, buku, atau peralatan sekolah.

Memberi angpau Lebaran tidak hanya cukup memberi saja. Berikan pengertian dan ajarkan nilai manfaat uang angpau dengan cara sebagai berikut:

 

Mendapatkan Uang Tidak Mudah

Sebelum si kecil tahu nilai uang yang anda berikan, ajarkan dan beri pengertian bagaimana Anda memperoleh uang tersebut. Mulailah dengan cara menceritakan pekerjaan anda. Dengan menjelaskan hal itu, mereka akan tahu dan mengerti bahwa untuk memperoleh uang tidaklah mudah. 

Apa yang Dia Inginkan

Saat menjelang Lebaran, tanyakan pada si kecil apa keinginannya. Dan beri pemahaman untuk mendapatkan benda yang dia inginkan ia perlu menabung. Dengan menyimpan uang angpaunya, maka ia dapat membeli barang yang dia inginkan. 

Mengajarkan Menabung

Ajarkan pada si kecil untuk menyisihkan uang angpau yang didapat. Setelah membeli barang yang dia inginkan, ingatkan untuk menyisihkan sebagian untuk ditabung. Jika dia belum memiliki rekening sendiri, Anda dapat membelikan satu buah celengan untuk menyimpan uang angpaunya.

Ajarkan untuk Berbagi

Dia sudah tahu bahwa uang yang dia terima saat Lebaran didapat dengan cara yang tidak mudah. Berikan pengertian makna penting tentang berbagi. Si kecil akan lebih mudah mencontoh perbuatan daripada kata-kata. Jadi, mengapa Anda tidak memberikan contoh yang baik itu.  

Nah, demikian manfaat penting lainnya dari angpao lebaran. Dan yang terpenting lebaran bukan ajang untuk bermewah-mewahan tapi untuk bersyukur. Selamat menunggu lebaran.

Sumber: Vemale

Reporter: Ayu Puji Lestari

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.