Sukses

Lansia Nyeri Pinggang dalam Perjalanan Mudik, Lakukan Tips Berikut

Buat lansia yang rentan alami nyeri pinggang dalam perjalanan mudik Lebaran, Anda dapat mengatasi nyeri tersebut dengan pijatan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang lanjut usia (lansia) yang melakukan perjalanan mudik Lebaran, nyeri pinggang bisa saja dialami. Nyeri pinggang karena terlalu banyak duduk dalam kendaraan berisiko rentan didera lansia.

Menurut Buku Saku 1, Petunjuk Praktis Toga dan Akupresur, yang diterbitkan Kementerian Kesehatan RI Tahun 2017, ada teknik pijat untuk mengatasi nyeri pinggang pada lansia.

Pemijatan dilakukan pada lokasi yang letaknya di titik tengah pinggang, sejajar dengan pusar, ditulis pada Selasa (12/6/2018).

Anda bisa juga memijat di antara garis tengah tubuh. Caranya dengan menghitung selebar dua jari tangan ke samping kiri dan kanan dari garis tengah tubuh. Kemudian pijat dengan cara menekan selama 30 kali hitungan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di lipat lutut

Titik pemijatan nyeri pinggang untuk lansia juga berada di pertengahan lipat lutut. Pertengahan lipat lutut ini berada di belakang, di antara paha dan kaki.

Lakukan juga penekanan pada area tubuh tersebut sebanyak 30 kali hitungan. Lansia yang nyeri pinggang dapat kembali nyaman mudik.

Anda bisa melakukan trik tersebut tiap kali didera nyeri pinggang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.