Bebas Kilap di Wajah Saat Lebaran dengan Cara Ini

pada 12 Jun 2018, 08:40 WIB
Diperbarui 14 Jun 2018, 08:13 WIB
Tips Wajah Bebas Kilap Meski Kulit Berminyak Saat Lebaran Copyright aquila-style.com

Jakarta Saat Lebaran, kita akan berjumpa dengan banyak orang untuk saling bermaafan. Untuk itu, ada baiknya jika kita menjaga penampilan agar terlihat fresh, rapi, dan segar. Setidaknya tidak terlihat lusuh dan kusam.

Namun, bagaimana jika kulit Anda berminyak? Hm, terkadang membuat kita merasa percaya diri memiliki wajah yang mengkilap seperti ladang minyak saat bertemu dengan orang-orang terdekat kita di hari Lebaran. Di sini, kita memang perlu memberi perhatian ekstra. Bisa dengan mengikuti sejumlah tips sederhana di bawah ini.

Selalu Bawa Face Paper

Benda yang satu ini wajib Anda bawa. Face paper ini selain bisa memberikan terapi agar kulit tak terlalu mengilap, juga bisa membantu menghilangkan minyak secara instan saat anda tak sempat melakukan retouch atau memperbaiki riasan. Di tengah kesibukan bersilaturahmi ke rumah kerabat, Anda bisa tetap menjaga wajah terbebas dari kilap hanya dengan selembar face paper.

Hindari Produk Kosmetik Berbahan Alkohol

Ini juga tak kalah penting. Saat memilih kosmetik, pilih yang bebas kandungan alkohol. Kenapa? Karena  kosmetik yang beralkohol semakin membuat kulit menjadi semakin berminyak. Rekomendasi terbaiknya adalah pilih yang berbahan teh hijau dan lidah buaya.

Pilih Bedak Tabur

Bedak tabur juga pas untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Meski mungkin bentuknya lebih besar dan lebih repot untuk dibawa traveling, tapi bedak tabur bisa jadi penyelamat kulit berminyak Anda. Tesktur bedak tabur yang ringan bisa membuat permukaan wajah terlihat lebih halus dan bebas kilap.

Rutinlah Bersihkan Wajah Setidaknya 2 Kali Sehari

Rutinlah cuci muka dua atau tiga kali sehari, tergantung bagaimana kondisi kulit dan aktivitas Anda. Membersihkan wajah tak harus selalu dengan menggunakan sabun wajah. Anda dapat menggunakan susu pembersih dengan toner atau susu pembersih dengan tisu basah untuk wajah. Anda dapat memanfaatkan kesempatan wudu untuk sekalian membersihkan wajah. Tujuannya untuk menyegarkan kulit dan meringkas pori kulit. Dengan begitu, wajah bisa tetap terjaga kelembapannya dan nggak gampang jerawatan.

Rutin Pakai Clay Mask

Clay mask (masker lumpur) adalah salah satu produk yang bagus untuk kulit berminyak. Kandungannya bisa membantu menyerap kelebihan minyak. Kamu bisa menggunakannya seminggu sekali atau dua minggu sekali agar nantinya kelebihan minyak bisa lebih mudah dikontrol.

Selain cara-cara di atas, penting juga untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Minum air putih secara cukup di tengah padatnya acara berkunjung atau bersilaturahmi. Dengan cara ini, racun dalam tubuh bisa dikeluarkan sehingga toksin tak keluar melalui pori wajah, namun melalui sistem eskresi lainnya. Minum banyak air juga bisa mengatur kelembaban alami kulit anda sehingga pori-pori tak memproduksi minyak berlebih.

Itu tadi sejumlah tips yang bisa Anda coba untuk terlihat cantik dengan wajah bebas kilap selama Lebaran. Semoga bermanfaat.

Sumber: Vemale

Reporter: Endah Wijayanti