Sukses

Sebelum Ditinggal Mudik, Ini Pengamanan Rumah yang Perlu Dilakukan

Sebelum mudik, jangan lupa untuk melakukan beberapa hal ini agar rumah Anda aman dari pencuri

Liputan6.com, Jakarta Menjelang Hari Raya Idul Fitri, kebanyakan orang akan melakukan tradisi mudik untuk merayakan momen spesial tersebut bersama keluarga di kampung halaman.

Tentu banyak persiapan yang perlu Anda lakukan agar perjalanan mudik menjadi lebih menyenangkan. Mulai dari pengecekan kendaraan, perbekalan, hingga pakaian.

Namun, jangan pernah lupakan juga kesiapan rumah sebelum Anda tinggal menuju kampung halaman. Agar rumah Anda tetap aman hingga kembali pulang. Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini sebelum pergi mudik. Apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Jangan hanya membawa kunci pintu

Mengunci pintu sebelum meninggalkan rumah memang wajib dilakukan. Namun jangan hanya sekedar mengunci pintu. Perkuat juga dasar pintu dengan sapu atau pengganjal lainnya. Sehingga rumah Anda benar-benar terkunci dengan baik.

2. Meminta tolong tetangga untuk menerima surat dan paket

Ditinggal mudik selama seminggu, tidak menutup kemungkinan akan datangnya surat atau paket ke rumah Anda. Kotak surat dan paket yang melimpah di depan rumah menandakan bahwa rumah tersebut tidak ada orang. Mintalah seseorang yang Anda percaya untuk mengambil surat dan paket hingga Anda kembali.

3. Buat seakan-akan ada orang di rumah

Kebanyakan pencuri enggan masuk jika sebuah rumah masih ditempati. Untuk itu, atur penghitung waktu untuk menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis sepanjang siang dan malam.

3 dari 3 halaman

4. Hindari mengunggah keberadaan di media sosial

Ketika merayakan Lebaran bersama keluarga, mungkin Anda tidak sabar untuk mengunggahnya di media sosial. Namun ini sama saja memberitahukan kepada pencuri bahwa rumah Anda kosong. Lebih baik tahan diri untuk mengunggah momen hingga Anda kembali.

5. Periksa jendela dan pintu

Periksa kembali jendela dan pintu sebelum Anda pergi. Jangan sampai ada kaca jendela atau pintu yang terbuka. Periksa juga semua celah hingga tidak ada titik masuk bagi para pencuri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.