Sukses

Mutiara Hati: Kenali 3 Makna Sifat Al Barr

Allah adalah Dia yang menepati janji-janji-Nya, khususnya janji-janji-Nya yang baik.

Liputan6.com, Bandung - Kata Al Barr mempunyai banyak makna. Pertama adalah kebenaran, karena itu orang yang patuh dan taat dinamai Barr. Karena dia membuktikan ketaatannya dengan membenarkan apa yang diperintahkan kepadanya, dia juga menepati janji. Kata Barr juga berarti luas. Ketiga adalah yang berbicara tanpa dapat dipahami.

Allah adalah Dia yang menepati janji-janjiNya, khususnya janji-janjiNya yang baik. Sedangkan janji ancamannya bisa jadi karena kemurahan-Nnya  tidak ditepati, dan ketika itu Allah amat terpuji. Allah juga dinamai Al Barr, karena semua ajaran dan tuntunannya dianugerahkan kepada manusia, bahkan semua makhluk di bumi, bahkan alam raya ini.

Jika kita berusaha meneladani sifat Al Barr ini, kita harus mampu menyebarluaskan kebaikan untuk seluruh makhluk Allah di permukaan bumi ini.

Jika kita berusaha meneladani sifat Allah ini maka kebajikan, kebaikan tidak hanya kita khususkan kepada orang-orang di dekat kita. Bahkan tidak hanya kita khususkan kepada orang-orang yang seagama atau sebangsa dengan kita, tetapi hendaknya itu menyuluruh kepada setiap orang yang butuh.