Sukses

Resep Tempe Bacem ala Angkringan Super Lezat

Saat makan tak lengkap rasanya jika tanpa lauk pauk, salah satu makanan lauk pauk yang mayoritas menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah tempe. Wah jika membahas tentang tempe, banyak macam menu yang bisa dibuat hanya dari sepotong tempe.

Jakarta Saat makan tak lengkap rasanya jika tanpa lauk pauk, salah satu menu lauk pauk yang mayoritas menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah tempe. Wah jika membahas tentang tempe, banyak macam menu yang bisa dibuat hanya dari sepotong tempe. Misalkan jadi orek tempe, tempe penyet, kering tempe, Tempe balado, tempe bacem dan masih banyak lagi. 

Nah, kali ini vemale akan membagikan resep memasak tempe bacem ala angkringan yang lezat untuk menu berbuka nanti. Yuk kita simak bagaimana resepnya.

Bahan-Bahan

20 potong tempe

2 ruang lengkuas, digeprek

2 batang serai, digeprek

3 siung bawang putih

1 butir kemiri3 sdt ketumbar

3 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

2 blok gula jawa

6 sdt gula pasir

kecap manis secukupnya

garam dan penyedap rasa secukupnya

 

Cara Membuat

1. Ulek/haluskan bawang putih, kemiri, ketumbar, dan garam.

2. Panaskan air hingga mendidih.

3. Masukkan lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, tempe, bumbu halus, gula jawa, gula pasir, penyedap rasa, dan kecap manis.

4. Rebus hingga air sisa sedikit.

5. Angkat dan tiriskan tempe.

6. Panaskan minyak, goreng tempe bacem dengan api sedang.

7. Tempe bacem siap dinikmati.

Tempe bacem ini bisa jadi menu andalan untuk buka puasa. Tapi bisa juga dijadikan stok untuk menu sahur. Selamat memasak.

Sumber: Vemale

Reporter: Endah Wijayanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini