Tips Agar RumahTetap Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran

pada 10 Jun 2018, 10:42 WIB
Diperbarui 12 Jun 2018, 10:13 WIB
Tips Agar Tetap Aman Saat Rumah Ditinggal Mudik Lebarancopyright by Unpopulart

Jakarta Saat musim lebaran tiba, akan banyak rumah yang ditinggal kosong oleh para pemiliknya. Segala kemungkinan dapat terjadi saat kita kurang mengecek keamanan rumah saat ditinggal pergi mudik. 

Meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama berisiko terjadinya pencurian dan juga hal-hal buruk lain jika kita tidak mengantisipasinya dengan baik. Nah, agar hal-hal tersebut tidak terjadi, ikuti tips berikut ini.

 

Pastikan mengunci rumah

Bukan hanya pintu depan dan belakang saja yang dikunci. Cek jendela, dan berbagai ventilasi atau tempat terbuka yang menghubungkan rumah dan lingkungan luar. Gembok juga pagar atau gerbang. Jika perlu, tambahkan kunci ganda. 

Cabut selang gas dan kompor

Ada baiknya mencabut selang gas dan kompor untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran. Siapa yang tahu adanya masalah atau kebocoran dengan kedua benda ini. Jadi sebaiknya dilepas saja, dan pastikan tak ada bau gas menyebar. 

Koordinasi dengan RT/ RW setempat

Pastikan anda dan keluarga telah berkoordinasi dengan RT/ RW setempat mengenai keamanan lingkungan dan lain sebagainya selama ditinggal mudik. Dan setidaknya anda juga memberikan kabar bahwa pada RT/RW bahwa akan meninggalkan rumah dalam waktu beberapa hari. 

Titipkan rumah pada tetangga yang tidak mudik

Jika tetangga sebelah rumah ada yang tidak mudik, tak ada salahnya menitipkan rumah pada tetangga yang bisa dipercaya. Minta nomor teleponnya agar bisa tetap berkomunikasi. 

Pasang alarm atau CCTV 

Untuk keamanan ekstra, rumah bisa dipasang alarm atau CCTV untuk menghindari masuknya penjahat dan mengetahui siap saja yang kira-kira punya maksud tertentu di sekitar lingkungan rumah anda.  

Jadi, itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan jika anda dan keluarga akan meninggalkan rumah kosong untuk mudik selama beberapa hari. Semoga dihindarkan dari hal-hal yang tak diinginkan.

Sumber: Vemale

Reporter: Febi Anindyakirana