Sukses

Resep Pampis Tongkol Daun Jeruk, Menu Lezat Untuk Santap Sahur dan Berbuka

Jika pada umumnya cara memasak tongkol hanya digoreng atau dibumbui dalam keadaan utuh, kali ini vemale akan memberikan resep yang sedikit berbeda yaitu, memasak tongkol dengan disuir terlebih dahulu kemudian dibumbui.

Jakarta Jika pada umumnya cara memasak tongkol hanya digoreng atau dibumbui dalam keadaan utuh, kali ini vemale akan memberikan resep yang sedikit berbeda yaitu, memasak tongkol dengan disuir terlebih dahulu kemudian dibumbui. Resep ini sangat lezat bila dimakan dengan nasi hangat dan cocok disantap baik saat sahur maupun berbuka. Berikut resep pampis tongkol daun jeruk.

Bahan-bahan:

1 kg ekor tongkol matang

Bumbu kasar:

10 buah daun jeruk, iris tipis

7 lembar

2 batang serai, memarkan

1 lembar daun pandan, ikat simpul

2 batang daun bawang, iris tipis

Bumbu halus:

8 siung bawang putih

25 butir bawang merah

20 buah cabai rawit

10 buah cabai merah besar

1 ruas jahe

1 ruas kunyit

garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

1. Kukus tongkol sebentar, suwir-suwir hingga halus.

2. Tumis bumbu halus, masukkan semua bumbu kasar, tumis hingga bumbu matang. 

3. Masukkan tongkol dan aduk rata dengan bumbu, tambahkan gula garam secukupnya. Tes rasa. Masak hingga bumbu meresap dan tongkol agak kering agar tahan lama jika disimpan. Setelah sedap, matikan api.

Pampis tongkol daun jeruk siap sajikan dengan nasi hangat, bisa untuk menu buka puasa maupun sahur. Sedap dan lezat tanpa amis.

Sumber: Vemale

Reporter: Febi Anindyakirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini