Tips Aman dan Sehat Berkendara Lama Saat Mudik Lebaran

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 08 Jun 2018, 09:00 WIB
Diperbarui 10 Jun 2018, 08:13 WIB
Cek Kesiapan Cipali Hadapi Mudik Lebaran 2018

Liputan6.com, Jakarta Mudik Lebaran identik dengan macet dan berkendara dalam durasi yang panjang. Namun, tak ada yang mengalahkan semangat untuk bertemu dan berkumpul dengan sanak-keluarga tercinta di kampung halaman. Akan tetapi, Anda yang hendak mudik harus memastikan kondisi tubuh fit.

Bagi Anda yang berencana membawa kendaraan pribadi dan menyetir dalam waktu lama, bisa menerapkan delapan tips berikut, dilansir dari laman Reader's Digest, Jumat (8/6/2018).

1. Istirahat secara berkala

Jarak tempuh yang panjang saat mudik tentu membuat tubuh pegal. Usahakan untuk beristirahat setiap dua jam atau beberapa jam sekali dengan menepi di rest area. Momen istirahat ini bisa digunakan untuk meregangkan kaki dan tubuh.

Meski tak mungkin untuk tidur sejenak di sela-sela waktu istirahat ini, gunakan waktu yang ada untuk beristirahat. Ini akan membantu tubuh dan kesadaran tetap terjaga ketika mulai menyetir kembali.

2. Bergantian menyetir

Usahakan agar ada anggota rombongan Anda yang juga bisa menyetir. Atau setidaknya menemani Anda mengobrol dalam perjalanan. Bergantian menyetir setiap beberapa jam sekali atau mengobrol akan membuat Anda tetap terjaga selama perjalanan. Bila bergantian menyetir, usahakan Anda untuk tidur ketika mendapat giliran beristirahat.

3. Coffee break

Ketika beristirahat mudik di rest area atau untuk mengisi bensin, pastikan juga Anda bisa menyesap kopi atau minuman berkafein lainnya.

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal medis Inggris, BMJ, mencatat, pengemudi truk malam yang meminum minuman berkafein seperti teh atau kopi, meminimalisasi risiko kecelakaan hingga 63 persen dibandingkan yang tidak meminum minuman berkafein. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 of 2

Jangan abaikan kantuk

Berkendara atau menyetir mobil ilustrasi (iStockphoto)
Berkendara atau menyetir mobil ilustrasi (iStockphoto)

4. Jangan abaikan kantuk

Bila Anda tak dapat menahan kantuk, sebaiknya menepi dan tidur selama 15 menit. Tidur sejenak lebih dari 20 menit akan membuat Anda merasa tidak nyaman seetlahnya. Jadi, jangan abaikan rasa kantuk yang melanda.

5. Jangan berkendara selepas tengah malam

Jam biologis tubuh memerlukan tidur antara pukul 24.00 hingga 06.00. Jadi tak heran bila di waktu-waktu tersebut Anda meraakan kantuk tak tertahankan. Cobahlah menepi ketika masih di perjalanan sekitar waktu tersebut. Atau tidurlah lebih awal sebelum mulai perjalanan.

6. Makan cemilan sehat

Pilihlah cemilan sehat yang tinggi protein seperti segenggam kacang almond untuk menyuntikkan tenaga dan membuat Anda tetap terjaga.

7. Hindari alkohol

Jangan minum-minuman beralkohol sebelum mengemudikan kendaraan. Ini justru akan membuat Anda merasa mengantuk.

8. Buka jendela

Embusan angin dari jendela akan membuat Anda merasa lebih segar dan terjaga.

Lanjutkan Membaca ↓