Sukses

Jadwal Imsak Hari ke-23 Puasa Ramadan 2018

Sebelum memulai puasa, umat Islam harus melaksanakan sahur yang berakhir sampai waktu Imsak tiba.

Liputan6.com, Jakarta - Puasa Ramadan 2018 memasuki hari ke-23 pada Jumat (8/6/2018). Sebelum memulai puasa, umat Islam harus melaksanakan sahur yang berakhir sampai waktu Imsak tiba.

Berdasarkan Jadwal Imsakiyah Ramadan 1439 Hijriah yang dikeluarkan Kementerian Agama, jadwal Imsak pada hari ke-23 Ramadan yakni pukul 04:28 WIB. Satu menit lebih lama dibanding hari-hari sebelumnya.

Tentunya sebelum waktu Imsak datang, umat Islam yang akan berpuasa diharuskan sahur, yakni makan dan minum agar tidak lemas saat berpuasa esok harinya.

Jangan lupa melafalkan doa niat puasa sebelum masuk waktu Imsak. Selanjutnya azan Subuh berkumandang pada pukul 04:38 WIB.

Siang harinya, azan Zuhur berkumandang pada pukul 11:55 WIB, lalu Asar pukul 15:16 WIB, dan Magrib 17:48 WIB. Saat sahur, kita wajib melafalkan doa niat puasa Ramadan, bisa dalam hati maupun bersuara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Niat Puasa Ramadan

Berikut doa niat puasa Ramadan:

"Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa."

Artinya:

Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di Bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'aala.

Niat puasa Ramadan tidak selalu harus dilafalkan dalam bahasa Arab. Tetapi juga bisa dengan Bahasa Jawa atau bahasa lain.

Lalu kapan membaca niat puasa?

Pada dasarnya niat puasa Ramadan bisa diucapkan mulai setelah Magrib hingga pada waktu Imsak tiba, atau sebelum datangnya waktu subuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.