Sukses

5 Hidangan Manis Khas Berbagai Negara untuk Lebaran

Intip beragam sajian manis tradisional khas Lebaran dari beberapa Negara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Idul Fitri atau Lebaran biasanya memiliki hidangan khas, yang berbeda masing-masing daerah. Ingin mencoba pengalaman berbeda dengan menikmati hidangan khas dari daerah lain? Yuk, baca terus.

Idul Fitri atau Lebaran memang identik dengan perayaan yang meriah, di mana seluruh umat muslim di dunia akan berkumpul bersama kerabat dengan mengenakan pakaian terbaik dan tidak ketinggalan hidangan yang lezat.

Lalu sebenarnya hidangan seperti apa sih yang biasanya hadir dan paling ditunggu-tunggu pada saat Lebaran? Berikut lima hidangan manis dari berbagai negara yang patut dicoba.

Maamoul

 

مين عابلو معمول بما إنّو قربنا لشهر رمضان حبيت أعطيكم فكره جديده لمعمول التمر وهالمرة فكره صحيه وغير شكل 👍🏼 وخلال نص ساعه بيكون جاهز..... المعمول الخالي من الجلوتن وهو من طحين جوز الهند وطحين اللوز مع ماء الورد وبدون إضافه سكر طعمه طيبه وبيختلف عن المعمول يلي متعودين علي وأكيد يلي عامل دايت بيقدر ياكل منو قطعتين ..👍🏼👍🏼 Gluten free Maamool it’s something new and easy to do .... you can finish it in 30 minuets for the full recipe will post it soon... #maamoul#معمول#معمول_تمر#صحي#healthy#eat#eatclean#yummy#delicious#dates#baking#cooking#strong#glutenfree#vegetarian#lebanesedessert#arabicfood#myrecipe#dubaifoodboutique#dubaiblogger#food#foodie#foodstyling#foodaddict#foodblogger#foodies#aprilisforarabfood#dxb#beautiful

Sebuah kiriman dibagikan oleh Manal Saadeddine (@dubaifoodboutique) pada

Kue kering bertabur gula halus yang terdiri dari beragam isian seperti kurma, pistachio dan kenari ini merupakan salah satu cemilan tradisional di Suriah dan Lebanon pada saat Idul Fitri.

Cambaabur

Cambaabur merupakan roti khas dari Somali yang bentukya hampir mirip dengan pancake. Hanya saja, kue ini dibuat tipis, bertekstur dan memiliki aroma rempah yang sangat kuat. Pada Idul Fitri, biasanya roti ini akan disajikan dengan taburan gula merah dan yoghurt.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sheer Kurma

Berbahan dasar kurma yang disajikan dengan bihun, susu, gula, almond dan kismis ini merupakan hidangan penutup favorit di negara Pakistan, India, Bangladesh dan Afganistan.

Lokum

Jika di Suriah ada Maamoul sebagai hidangan penutup, maka beda lagi dengan masyarakat Turki. Masyarakat Turki tidak akan melewatkan perayaan Idul Fitri tanpa Lokum. Terbuat dari pati gula dengan aneka isian seperti kurma dan walnut, membuat Lokum terlihat seperti permen kenyal dengan aneka warna.

 

3 dari 3 halaman

Tufahija

Tifahija merupakan makanan favorit masyarakat Bosnia dalam merayakan Idul Fitri. Terbuat dari apel rebus yang disiram dengan gula dan bertabur kacang kenari. Kemudian disajikan bersama sirup serta krim lembut.

*(Latifah Gusri)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.