7 Tips Aman dan Nyaman bagi Wanita yang Mudik Sendirian

pada 06 Jun 2018, 22:00 WIB
Diperbarui 08 Jun 2018, 21:13 WIB
tips mudik

Jakarta - Mudik lebaran sudah menjadi tradisi bagi umat muslim yang tinggal jauh dari keluarga. Mudik pun memiliki kesan tersendiri pada setiap orang, apalagi jika mudik kita bersama orang yang sudah kenal dan sudah dekat dengan kita, rasanya akan lebih aman dan nyaman. Namun, bagaimana jika anda hanya mudik sendirian, terutama wanita. Simak beberapa tips-tips aman mudik lebaran bagi wanita yang mudik sendiri.

Wanita yang melakukan perjalanan mudik sendirian memang perlu lebih berhati-hati. Baik naik kendaraan pribadi maupun naik kendaraan umum, agar perjalanan tetap aman dan nyaman, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Selengkapnya, yuk kita ikuti langsung tips-tipsnya di bawah ini.

1. Bawa tas dan barang secukupnya

Yang paling simpel memang cukup bawa satu tas ransel dan tas selempang kecil untuk memudahkan mobilitas selama mudik. Tapi intinya usahakan untuk membawa tas dan barang secukupnya saja selama mudik. Nggak harus membawa semua barang untuk dibawa mudik. Selain itu, pastikan semua tas yang anda bawa juga bisa tertutup dengan aman. Jangan beri celah pencuri untuk mengambil barang berharga dari tasmu.

2. Dandan secukupnya

Pilih pakaian dan sepatu yang nyaman. Gunakan riasan secukupnya. Tak usah terlalu menor apalagi sampai menarik perhatian dengan dandanan yang heboh. Selama mudik, utamakan kenyamanan diri anda.

3. Kondisikan tubuh dalam keadaan bugar

Ini juga penting nih. Pastikan tubuh anda dalam kondisi benar-benar fit saat mudik. Apalagi jika anda ingin melakukan perjalanan mudik jauh, kesehatan tubuh haruslah benar-benar diperhatikan.

4. Cek cuaca

Mengecek cuaca juga perlu dilakukan. Tujuannya untuk membantu anda lebih hati-hati dan waspada dalam melakukan perjalanan. Setidaknya anda bisa menyiapkan payung sebelum hujan. Pelajari daerah-daerah yang akan anda lewati dan cek prakiraan cuacananya. Demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan, mengecek cuaca ini penting sekali dilakukan.

5. Percaya diri

Jika perjalanan kali ini akan menjadi perjalanan mudik anda pertama kali sendirian, tak perlu khawatir. Tetaplah terlihat percaya diri. Jangan menunjukkan wajah cemas atau takut selama mudik. JIka anda terlihat takut atau bingung selama di perjalanan, anda bisa jadi sasaran orang jahat.

6. Bawa alat pertahanan diri

Hanya untuk antisipasi saja. Anda mungkin dapat membawa pisau lipat atau semprotan lada sebagai alat pertahanan. Setidaknya dengan begitu, anda dapat langsung melakukan tindak pertolongan pertama pada diri sendiri bila terjebak dalam situasi krisis.

7. Buat catatan nomor telepon penting

Siapkan buku kecil atau minimal selembar kertas. Lalu catat beberapa nomor telepon penting. Untuk antisipasi jika anda kehabisan baterai ponsel dan harus menghubungi sesoerang dalam keadaan genting. Meski hal ini mungkin tampak sepele tapi bisa sangat membantu anda keluar dari masalah dengan lebih efisien.

Sebenarnya anda tak perlu takut untuk mudik sendirian. Dengan persiapan yang matang, yakinlah jika semuanya akan berjalan lancar dan baik-baik saja. Jadikan perjalanan mudik anda kali ini lebih berkesan dari perjalanan mudik tahun-tahun sebelumnya.

Sumber: Vemale

Reporter: Endah Wijayanti

 

Live Streaming

Powered by