Sukses

Trik Bebas Lemas dan Ngantuk Saat Puasa Seharian

Ingin menjalani sisa puasa terakhir tanpa lemas? ini triknya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika menjalani ibadah puasa tak jarang kita merasa mengantuk sepanjang hari. Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu bahwa ada alasan ilmiah di balik alasan kita kerap mengantuk ketika berpuasa.

Salah satunya adalah jenis makanan yang kita konsumsi ketika sahur yang menyebabkan kondisi tubuh tak bersemangat sepanjang hari. Maka ada baiknya kalian seimbangkan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan menghindari konsumsi gula yang terlalu banyak.

Usahakan konsumsi buah dan sayur secara rutin dan dalam porsi yang cukup ketika sahur. Hal ini lantaran vitamin pada buah dan sayur akan membantu meningkatkan energi yang bisa mencegah tubuh lemas sepanjang hari. Tak hanya itu, kandungan protein pada daging dan telur juga bisa membantu kalian kenyang lebih lama.

Protein juga bisa membantu kalian untuk tetap fit dan semangat selama puasa sehingga tak mengantuk. Selain sayur, buah dan protein, ada baiknya kalian konsumsi karbohidrat kompleks yang terdapat pada biji-bijian dan gandum. Proses pencernaan karbohidrat kompleks ini bertahap sehingga tidak akan membuat kamu mengantuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karbohidrat Kompleks

Selain itu, karbohidrat kompleks akan membantu kamu tetap kenyang dalam waktu lama sehingga tidak mudah lapar. Hal terakhir yang harus diperhatikan agar tubuh tak mudah lemas ketika berpuasa, usahakan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Itulah beberapa tips agar tubuh bertenaga dan tak mudah lemas ketika berpuasa sepanjang hari.

Reporter: Ayu Puji Lestari

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.