Sukses

Berbagi Paket Ramadan bagi Para Mualaf di Banda Aceh

Saat pemberian paket Ramadan itu, Wakil Wali Kota Banda Aceh mengingatkan pentingnya mengeluarkaan zakat.

Liputan6.com, Banda Aceh - Puluhan mualaf menerima bantuan paket Ramadan dari Bank Aceh Syariah yang disalurkan melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh. Paket berupa sirup dan sarung tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin didampingi Direktur Kepatuhan Bank Aceh Aceh Syariah Zikri A Gani di Kantor Baitul Mal Banda Aceh di Banda Aceh, Selasa, 5 Juni 2018.

Wakil Wali Kota Banda Aceh menyampaikan aupresiasi dan terima kasih kepada Bank Aceh Syariah atas bantuan paket Ramadhan yang diberikan kepada 85 mualaf tersebut.

"Bantuan ini patut disyukuri. Semoga kerja sama ini terus berlanjut dan lebih baik ke depannya, sehingga para mualaf dan masyarakat kurang mampu lainnya bisa terbantu," ujar Wakil Wali Kota, dilansir Antara.

Dalam kesempatan itu, Zainal Arifin meminta Bank Aceh Syariah memilih Baitul Mal Kota Banda Aceh sebagai lembaga yang akan mengelola zakat para pegawainya. Menurut dia, dengan semakin banyak zakat dikelola Baitul Mal Kota Banda Aceh, akan semakin banyak yang bisa disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan, baik dalam bentuk zakat konsumtif maupun zakat produktif.

Zainal Arifin juga menyampaikan bahwa zakat memiliki peran dalam menurunkan angka kemiskinan. Hal itu membantu upaya pemerintah kota yang terus berupaya mengentaskan kemiskinan di ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

"Kami melihat Baitul Mal Kota Banda Aceh sangat transparan dalam mengelola zakat. Lembaga ini juga melakukan pembinaan kepada mustahik atau penerima zakat agar lebih berdaya dan suatu saat bisa naik status menjadi muzakki atau wajib zakat," ungkap Zainal Arifin.

Direktur Kepatuhan Bank Aceh Aceh Syariah Zikri A Gani mengatakan, bantuan paket Ramadan yang diberikan tersebut sebagai bentuk kepedulian bagi warga kota yang membutuhkan.

"Melalui kerja sama dengan Baitul Mal Kota Banda Aceh, kami bisa membantu saudara kita yang hari ini sudah seakidah. Dan, kami akan menyerahkan bantuan paket Ramadan ini setiap tahunnya," kata dia.

Terkait permintaan Wali Wali Kota Banda Aceh agar pegawai Bank Aceh Syariah menyalurkan zakatnya melalui Baitul Mal Banda Aceh, Zikri menyatakan pihaknya menyambut baik permintaan tersebut.

Ia menyarankan pihak Baitul Mal Kota Banda Aceh untuk terus menjalin komunikasi dengan pimpinan Bank Aceh Syariah, sehingga zakat pegawai bisa disalurkan melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh.

"Kami menyambut baik permintaan tersebut. Selama ini, pegawai kami menyalurkan zakat melalui Baitul Mal Aceh. Ini bisa dikomunikasikan, sehingga ada pegawai menyalurkan zakat melalui Baitul Mal Banda Aceh," ujar Zikri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.