Tips Tingkatkan Pahala Selama Ramadan

Oleh Cahyu pada 05 Jun 2018, 19:16 WIB
Diperbarui 05 Jun 2018, 19:16 WIB
Ilustrasi berdoa
Perbesar
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh pahala berlipat-lipat ganda di bulan suci ini. Apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta Selama Ramadan setiap umat muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan. Mereka mengejar pahala berlipat ganda yang telah dijanjikan Allah SWT pada bulan suci ini.

Ulama An Nakho’i rahimahullah mengatakan, “Puasa sehari pada bulan Ramadan lebih afdal dari puasa di seribu hari lainnya. Begitu pula satu bacaan tasbih (berdzikir “Subhanallah”) pada bulan Ramadan lebih afdal dari seribu bacaan tasbih di hari lainnya. Begitu juga pahala satu raka’at salat pada bulan Ramadan lebih baik dari seribu raka’at di bulan lainnya.”

Mumpung Ramadan belum usai, Anda masih punya waktu untuk mengumpulkan pahala. Ada bermacam-macam kebaikan yang bisa Anda lakukan. Berikut empat diantaranya.

1. Baca Al-Qur'an

Ramadan merupakan bulan diturunkannya permulaan Al-Qur'an. Karena itu, begitu diutamakan membaca  Al-Qur'an pada bulan suci ini, apalagi kalau bisa sampai khatam. Baca pula terjemahannya agar lebih mudah dipahami dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila Anda punya banyak waktu, Anda juga dapat mengikuti kajian ayat-ayat Al-Qur'an di masjid terdekat. Anda pun bisa sekalian berdikusi dengan sang ustaz.

2. Salat Tarawih

Salah satu ibadah yang hanya ada pada Ramadan ialah salat Tarawih. Tentu sangat disayangkan kalau sampai ketinggalan salat Tarawih walau sehari saja. Ibadah ini memiliki banyak sekali keutamaan, apalagi kalau dilakukan secara berjamaah.

Ajak orangtua, kakak, dan adik ke masjid terdekat untuk melaksanakan salat Tarawih berjamaah. Atau, kalian bisa salat berjamaah bersama-sama di rumah dengan ayah sebagai imam.

3. Itikaf

Akan ada satu hari dalam 10 hari terakhir Ramadan yang merupakan malam Lailatul Qadar. Raih kesempatan untuk mendapatkan malam 1000 bulan itu dengan melakukan itikaf atau berdiam sejenak di masjid.

Apabila Anda tak sempat untuk melakukannya 10 hari berturut-turut, Anda bisa memilih untuk beritikaf pada malam-malam ganjil saja. Sebab, diriwayatkan malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ganjil. Ini merupakan saatnya Anda menabung pahala sebanyak-banyaknya.

4. Bersedekah

Para guru dari Ulama Abu Bakr bin Maryam rahimahumullah pernah mengatakan, “Jika tiba bulan Ramadan, bersemangatlah untuk bersedekah. Karena bersedekah di bulan tersebut lebih berlipat pahalanya seperti seseorang sedekah di jalan Allah (fii sabilillah).”

Sisihkan sebagian penghasilan untuk pihak yang membutuhkan, seperti anak-anak yatim piatu. Hingga 2013, ada sekitar 3,2 juta anak yatim di Indonesia. Jumlah itu tentu sudah mengalami peningkatan pada tahun ini.

Kenyataannya, belum semua anak-anak yatim piatu tersebut sudah hidup dengan layak. Masih banyak panti asuhan yang memiliki bangunan tidak layak tinggal dan kurang mampu mengakomodasi semua kebutuhan anak yatim piatu.

Melihat realita tersebut, Unilever mengadakan program Belanja Berbagi untuk membantu meringankan penderitaan para anak yatim piatu. Setiap hasil pembelajaan dari produk Unilever akan diberikan sebagai donasi ke 1001 panti asuhan selama 12 bulan.

Unilever
Perbesar
Program Belanja Berbagi Unilever

Anda pun bisa turut serta dalam program tersebut. Caranya, kunjungi toko terdekat atau e-commerce. Lalu, beli produk Axe, Citra, Dove, Hijab Fresh, Lifebuoy, Pepsodent, Pond's, Sunsilk, Molto, Rinso, Sunlight, Wipol, Bango, Blue Band, Royco, Sari Wangi, atau Wall's. Semakin banyak Anda belanja, kian besar pula donasi yang diberikan ke 1001 panti asuhan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web 1001 Ramadhan di sini.

(Adv)