Sukses

Melihat Seni Kaligrafi Batik Alquran di Solo

Batik Alquran ini merupakan yang pertama yang dibuat lengkap 30 juz di atas kain berukuran 100 x 115 sentimeter.

Fokus, Solo - Di Kampung Laweyan, Solo, Jawa Tengah, terdapat teks Alquran yang dibatik dengan menggunakan malam atau lilin batik panas. Batik Alquran ini merupakan yang pertama yang dibuat lengkap 30 juz di atas kain berukuran 100 x 115 sentimeter.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (4/6/2018), seni kaligrafi Alquran di Masjid Laweyan ini merupakan hasil perpaduan budaya Jawa dan Arab.

Sepintas terlihat sederhana, namun seni memadukan proses pembuatan batik dengan menggunakan canting di atas lembaran kain yang berisi ayat suci Alquran lengkap 30 juz ini perlu ketelitian saat mewarnainya.

Pembuatan batik Alquran ini terinspirasi dari program membaca Alquran sambil menulis. Penulisan ini merupakan proses yang kedua, dimana penulisan pertama gaya penulisannya versi kudus sudah berjalan beberapa juz.

Sementara, penulisan yang kedua ini versi standar internasional atau jenis utsmani.

"Ini suatu proses edukasi untuk menulis, membaca dan memahami, dan melaksanakan isi Alquran," kata Takmir Masjid Laweyan Sulaiman.

Rencananya, setelah penulisan Alquran batik ini selesai dibuat akan dipamerkan di masjid tertua di Kota Solo, yakni di Masjid Laweyan. Ditargetkan batik Alquran ini akan selesai pada akhir tahun ini.