Sukses

Badan Selalu Lemas Saat Puasa, Mungkin Tubuh Kekurangan Ini

Selama dua minggu ini, adakah di antara Anda yang seringkali merasa lemas padahal tidak pernah melewatkan sahur?

Liputan6.com, Jakarta Puasa tersisa tinggal beberapa hari lagi. Selama dua minggu ini, adakah di antara Anda yang seringkali merasa lemas padahal tidak pernah melewatkan sahur? Bisa jadi penyebabnya karena Anda kekurangan vitamin C.

Vitamin C bisa didapat dari buah seperti jeruk, yang bisa Anda makan langsung atau dijadikan jus jeruk tanpa tambahan gula, atau dari suplemen yang mudah sekali didapat. Apa sebanarnya kegunaan vitamin C saat puasa?

"Saat puasa kita makan lebih sedikit, dan kalori yang masuk juga sedikit. Perlu multivitamin untuk mengkompletkan vitamin yang kurang setiap hari. Saat asupan vitamin dan mineralnya komplet, tubuh kita aktif dan tidak lemas-lemas," kata Spesialis Gizi dari Youvit for Life, Rachel Olsen kepada Health Liputan6.com belum lama ini.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vitamin C

Vitamin C, baik pada orang dewasa maupun anak-anak, dapat membantu memproduksi kolagen. Kolagen tersebut bagus untuk kesehatan tulang, gigi, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain itu, kata Rachel, vitamin C membantu proses penyerapan zat besi. Kalau kita di saat sahur maupun berbuka menyantap bayam dan daging, tambahkan vitamin C agar penyerapan zat besi dari dua sumber makanan tersebut terserap di tubuh kita.

"Terlebih buat yang anemia, sebaiknya konsumsi zat besi dengan vitamin C," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.