Antisipasi Luapan Pemudik Lebaran, Armada Bus Malam Ditambah

Oleh Liputan6.com pada 03 Jun 2018, 12:01 WIB
Diperbarui 05 Jun 2018, 11:13 WIB
Terminal Gunungkidul

Yogyakarta - Arus mudik dari berbagai kota besar tujuan Kabupaten Gunungkidul memasuki dua minggu menjelang Lebaran tahun ini masih terlihat sepi. Volume penumpang dari Jakarta melalui terminal bus Wonosari belum terlihat, begitu juga pemudik menggunakan kendaraan pribadi.

Informasi yang dihimpun KRJogja.comkedatangan pemudik dari berbagai kota besar diprediksi baru akan terjadi mulai Selasa (05/06/2018) mendatang. Untuk mengantisipasi terjadinya penumpang mudik telantar, pemerintah menyiapkan bus tambahan.

"Peningkatan jumlah penumpang belum terlihat, meskipun ada persentasenya relatif kecil dan baru akan terjadi peningkatan mulai H-10 Lebaran," ucap Suhardi dari Serikat Pekerja Unit Kerja Terminal Wonosari.

Iqbal menambahkan salah seorang subagen bus yang membuka usaha di Terminal Dhaksinarga, Wonosari, sampai saat ini belum ada peningkatan penumpang yang signifikan dan belum ada kenaikan harga tiket.

Ia memprediksi, tahun ini diperkirakan akan terjadi penurunan penumpang mudik melalui terminal dan yang menggunakan jasa bus malam.

Hal ini disebabkan banyak warga perantau yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, juga program pemerintah mudik gratis.

 

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

 

Simak video pilihan berikut ini: