Sukses

Buka Puasa Sebaiknya Bersama-sama, Lebih Berkah

Di Indonesia, buka bersama jadi kebiasaan.

Jakarta Makan bersama merupakan salah satu adab yang diajarkan Rasulullah MuhammadSAW, bukan makan sendiri-sendiri. Terutama saat buka puasa.

Di Indonesia, buka puasa bersama sudah menjadi kebiasaan umat Islam. Selain makan, buka bersama juga menjadi ajang mempererat silaturahmi sesama Muslim.

Buka puasa bersama ternyata juga ada dalam kajian fikih. Ada keberkahan di balik kegiatan ini, seperti disebutkan Rasulullah dalam hadis riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah.

" Makanlah kalian secara bersama-sama, sesungguhnya keberkahan ada pada makan bersama."

Buka puasa bersama di sini dijalankan dengan orang lain. Bisa dengan keluarga besar, sanak saudara, teman kerja dan lain sebagainya.

Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fathul Bari menjelaskan keberkahan menjadi alasan satu-satunya dianjurkannya buka puasa bersama. Semakin banyak orang yang berbuka bersama kita, maka keberkahan jadi makin berlimpah.

Sedangkan Imam Ahmad dalam kitab Zadul Ma'ad memberikan empat tips saat berbuka bersama. Ini agar aktivitas bua puasa bersama dilimpahi berkah.

Deretan tips tersebut yaitu pertama, menyebut nama Allah dengan basmalah dan doa buka puasa, kemudian memuji Allah dengan hamdalah. Lalu, dilanjutkan dengan makan bersama dan terakhir, makanan yang dikonsumsi adalah halal.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini