Sukses

Tips Puasa Lancar Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Pusing, mual, dan lebih cepat lelah merupakan gejala penyakit tekanan darah tinggi yang dapat menjadi penghalang kelancaran berpuasa bagi penderitanya.

Jakarta Pusing, mual, dan lebih cepat lelah merupakan gejala penyakit tekanan darah tinggi yang dapat menjadi penghalang kelancaran berpuasa bagi penderitanya. Namun anda tak perlu khawatir, karna vemale akan membagikan beberapa tips bagi anda yang memiliki tekanan darah yang tinggi.

berikut ini adalah tips yang perlu diperhatikan agar puasa anda dapat berjalan lancar bagi anda penderita tekanan darah tinggi.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Ketika puasa, dehidrasi sering menjadi kendala tersendiri. Maka pastikan asupan air putih cukup baik. Manfaatkan momen sahur dan buka puasa untuk minum air putih secukupnya. Seperti menerapkan pola 2-4-2. Pola apakah itu?

Jadi dalam sehari anda tetap bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan minum 8 gelas air putih per hari. Kita bisa minum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas saat saat makan malam (setelah tarawih), dan 2 gelas air putih saat sahur. Nah, dengan demikian kebutuhan air pun terpenuhi dengan baik.

2. Kurangi Makanan yang Terlalu Banyak Garam

Makanan yang terlalu banyak garam merupakan pemicu tekanan darah tinggi. Pastikan konsumsi makanan ini dikurangi. Ada baiknya anda membuat makanan khusus yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Perbanyak Konsumsi Sayur

Buah dan Sayur merupakan sumber makanan yang paling penting dan harus tersedia pada menu makan sahur atau berbuka. Buah dan Sayur memiliki kandungan kalian yang tinggi yang dapat mengurangi efek natrium pada darah, tentu ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil selama berpuasa.

Selain 3 hal di atas, jika anda menderita tekanan darah tinggi pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. Perhatikan pola makan dan rutin mengecek tekanan darah. Semoga informasi ini bermanfaat dan puasa anda dapat berjalan lancar.

Sumber: Vemale

Reporter: Ayu Puji Lestari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini