Sukses

5 Langkah Mengelola Keuangan Saat Perjalanan Jauh

Melakukan perjalanan jauh bersama keluarga merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama keluarga. Namun, jika tidak direncanakan dengan baik, Anda bisa saja mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perjalanan jauh bersama keluarga merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama keluarga. Namun, jika tidak direncanakan dengan baik, Anda bisa saja mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Banyak cara yang dapat membantu Anda menghemat uang selama melakukan road trip. Berikut cara mengatur uang yang bisa Anda lakukan, dikutip dari Nissan, Senin (28/5/2018).

1. Pilih Waktu dan Perencanaan yang Tepat

Hindari bepergian saat ada perayaan libur nasional dan juga musim liburan anak sekolah atau yang biasa disebut dengan high season. Karena dipastikan jumlah wisatawan akan meningkat sehingga membuat beberapa harga akomodasi perjalanan naik sekian persen. 

Apabila Anda memang ingin melakukan perjalanan jauh saat high season sebaiknya rencanakan kegiatan tersebut sejak jauh hari. Dengan begitu, Anda dapat mempersiapkan pengeluaran selama perjalanan nanti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Periksa Kondisi Mobil

Sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan dulu kondisi mobil apakah sudah siap untuk dibawa atau adakah yang perlu diperbaiki agar tidak menimbulkan masalah selama perjalanan.

Kondisi mobil yang sudah diperiksa secara menyeluruh tentu akan memudahkan perjalanan serta menghemat biaya perjalanan Anda kelak. Pastikan Anda sudah melakukan hal-hal penting seperti mengganti oli, memeriksa aki, dan mengisi angin pada ban mobil.

3 dari 4 halaman

3. Hemat dalam Biaya Makan

Umumnya, biaya liburan sebagian besar habis digunakan untuk membeli makan. Meskipun Anda telah menyediakan biaya khusus untuk membeli makan, bukan berarti boleh menghabiskan uang yang banyak untuk itu.

Dalam menentukan budget untuk makan, pastikan Anda mempertimbangkan pula makanan apa yang dapat bertahan hingga beberapa jam namun tetap termasuk makanan yang disukai.

Anda juga bisa saja menginap di sebuah hotel yang memiliki dapur di kamarnya. Meskipun sedikit lebih mahal setidaknya Anda dapat memasak di dalam hotel dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di supermarket dibandingkan dengan pergi makan keluar hotel.

4 dari 4 halaman

4. Rencanakan Biaya Perjalanan Anda

Ketika Anda sedang berusaha untuk menabung dan pergi berlibur, tidak perlu Anda tanyakan lagi betapa pentingnya membuat perencanaan biaya sebelumnya. Setelah membuat rencana pengeluaran, pastikan Anda tetap disiplin mengikuti rencana agar Anda tidak mengeluarkan biaya lebih selama perjalanan tersebut.

Agar lebih hemat, Anda bisa memilih kegiatan outdoor seperti berkemah bersama keluarga dibandingkan dengan menginap di hotel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.