Sukses

Yuk, Coba Ide Ngabuburit Hemat dan Seru Ini

Tak harus mahal, ada beberapa ide ngabuburit yang hemat dan seru, yang bisa jadi pililhan.

Liputan6.com, Jakarta Berpuasa bukan berarti Anda berlarut-larut dengan kondisi tubuh yang lapar dan haus. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu hingga saat berbuka puasa tiba, atau biasanya dikenal dengan istilah Ngabuburit.

Tak harus mahal, ada beberapa ide ngabuburit yang hemat dan seru, yang bisa jadi pililhan.

Penasaran? Melansir berbagai sumber, berikut ide ngabuburit hemat dan seru yang telah dirangkum oleh Liputan6.com:

1. Ketenangan beribadah

Bulan puasa merupakan bulan saat Anda bisa mengambil waktu sejenak untuk intropeksi diri. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk lebih fokus beribadah. Karena sesungguhnya, kebahagiaan yang didapatkan dari ketenangan jiwa sangat berbeda dengan kebahagiaan dari benda duniawi?

2. Membaca

Salah satu kegiatan yang sudah pasti ekonomis dan paling produktif ialah membaca. Anda bisa coba membaca novel yang belum tuntas, majalah, koran, atau berbagai berita di internet agar tidak ketinggalan berita terbaru. Atau alangkah lebih baiknya, Anda mengkhatamkan Al-quran.

3.Olahraga ringan

Jangan mentang-mentang puasa bisa jadi alasan Anda untuk tidak berolahraga. Masih banyak kok olahraga yang bisa Anda lakukan saat puasa. Coba pilihlah beberapa olahraga ringan untuk ngabuburit Anda, seperti jalan santai, bersepeda, atau yoga. Dengan berolahraga, akan membuat Anda jauh lebih bersemangat dan sehat.

4. Window shopping

Salah satu pilihan banyak orang untuk ngabuburit ialah window shopping di mall. Anda bisa menirunya, tapi hati-hati jangan sampai malah kalap mata dan akhirnya banyak belanja, ya! Ingat, sekadar cuci mata saja sambil olahraga sore.

5. Memasak

Ingin melakukan kegiatan ngabuburit bermanfaat dan menyenangkan di rumah? Anda bisa coba dengan memasak. Anda bisa menyiapkan beberapa menu berbuka favorit keluarga. Ide bagus juga mengajak anak dan suami ikut serta dalam memasak, lo. 

Reporter: Fitriana Monica Sari

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Lain

 

6. Berkebun

Ingin melakukan kegiatan ngabuburit lain di rumah? Anda bisa coba dengan berkebun. Bayangkan serunya menyiram dan merapikan tanaman-tanaman mungil yang ada di kebun atau belakang rumah. Ajak juga si kecil agar semakin menyenangkan.

7. Bikin movie

Anda suka nonton film atau seri terbaru? Tak perlu ke bioskop, cobalah untuk membentuk movie club dengan teman-teman yang menyukai film atau seri yang sama dengan Anda. Bukankah sangat menyenangkan menunggu waktu buka sambil menonton film atau seri bersama-sama? Jika tak ada teman, ada juga tetap bisa movie marathon sendiri.

Saat ini, telah banyak situs di internet yang memungkinkan Anda untuk streaming film dengan biaya hemat. Ditambah lagi, tarif internet yang terjangkau. Bermodalkan wifi atau modem saja, Anda sudah bisa download film sebanyak-banyaknya.

8. Creative time

Waktu luang ini bisa Anda manfaatkan untuk menajamkan sisi kreatif. Anda bisa coba buat kartu ucapan untuk dibagikan waktu lebaran nanti. Dengan hanya bermodal karton, pensil warna, gunting, dan video tutorial di YouTube, Anda sudah bisa menciptakan kartu-kartu cantik.

Atau bagi Anda yang suka makeup, Anda bisa coba mengasah bakat beauty Anda dengan berdandan. Sedangkan untuk Anda yang telah memiliki anak, Anda juga bisa mengajak si kecil membuat prakarya, seperti seni melipat kertas origami dan lainnya. Sangat menyenangkan, bukan?

9. Perawatan

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan, tak perlu ke salon dan mengeluarkan biaya cukup mahal. Anda bisa kok tetap cantik dengan melakukan perawatan di rumah.

Anda bisa memanjakan diri dengan melakukan manicure dan padicure diakhiri dengan cat kuku manis. Setelah itu, Anda bisa menggunakan hair mask yang wangi serta face make yang dijamin membuat fresh. Jika punya bathtub di rumah, Anda juga bisa coba berendam air hangat sambil mendengarkan lagu. Pasti waktu berjalan dengan cepat tak akan terasa sama sekali.

Jika ingin lebih seru, Anda bisa melakukan kegiatan ini dengan teman, sepupu, ibu, atau lainnya. Yuk, buruan dicoba!

10. Bersih-bersih

Bagi Anda yang ingin cari suasana baru di rumah, Anda bisa memanfaatkan waktu ngabuburit untuk bersih-bersih rumah. Anda bisa lebih banyak mengorganisir hingga yang paling kecil. Itung-itung ngatur ulang rumah. Dengan suasana baru di rumah Anda, bukankah akan meningkatkan mood untuk penghuni rumah?

Bagaimana ide-ide di atas? Sangat patut dicoba, bukan? Yuk, segera lakukan biar ngabuburit Anda jauh lebih hemat dan seru!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini