Sukses

Usus Goreng Super Nikmat dengan Bumbu Ketumbar

Berbuka dengan beraneka lauk ditambah dengan makanan yang gurih memang menggiurkan. Bukan hanya rasa dari usus bercampur bumbu yang memiliki ciri khas tersendiri, kali ini usus akan dimasak sedikit berbeda.

Jakarta Berbuka dengan beraneka lauk ditambah dengan makanan yang gurih memang menggiurkan. Bukan hanya rasa dari usus bercampur bumbu yang memiliki ciri khas tersendiri, kali ini usus akan dimasak dengan bumbu ketumbar yang membuat santap berbuka anda semakin sedap. Berikut ini vemale akan berbagi resep usus goreng bumbu ketumbar yang super lezat. Pernahkah Anda membuatnya?

Berikut resep dan cara membuat usus goreng bumbu ketumbar 

Bahan

250 gram usus ayam

1 batang serai (memarkan)

3 cm lengkuas (memarkan)

2 lembar daun jeruk

1/2 sdm air asam jawa

Minyak (untuk menggoreng)

 

Bumbu Halus

Garam (secukupnya,. kira-kira 1sdt)

Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

4 siung bawang putih

2 siung bawang merah

1 sdt teh ketumbar

4 butir kemiri

 

Cara Membuat

1. Cuci bersih usus ayam atau usus sapi sampai bersih. Agar usus kesat, rendam dengan air kapur secukupnya selama beberapa menit.

2. Jika sudah, masak usus yang telah dibersihkan bersama bumbu halus ditambah serai, lengkuas, daun jeruk dan air asam jawa dengan sedikit air sampai usus asat dan bumbu meresap.

3. Angkat usus yang telah dimasak dan tiriskan.

4. Siapkan wajan yang telah diberi minyak goreng dan panaskan. 

5. Jika minyak sudah panas, goreng usus hingga matang sesuai selera. Kamu bisa menggorengnya hingga kering atau sedikit masih basah.

6. Usus goreng bumbu ketumbar pun siap untuk disajikan sebagai lauk buka puasa.

Resep yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba resep ini dan semoga keluarga di rumah suka. Oh iya, walaupun menu usus goreng sangat enak dan gurih, pastikan untuk tidak konsumsi usus goreng berlebihan. Konsumsi usus goreng berlebihan ditakutkan sangat tidak baik untuk kesehatan.

Sumber: Vemale

Reporter: Rohmitriasih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini