Sukses

Ramadan Waktu yang Tepat Berhenti Merokok, Praktikkan 7 Langkah Ini

Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk memulai kebiasaan baik atau menghentikan kebiasaan buruk seperti misalnya merokok.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk memulai kebiasaan baik atau menghentikan kebiasaan buruk seperti misalnya merokok. Puasa seharian saat Ramadan memungkinkan para perokok untuk mencoba menghentikan kecanduan mereka terhadap nikotin.

Simak tujuh tips berhenti merokok di Bulan Ramadan, dilansir dari laman Gethealthycairo, Rabu (30/5/2018).

1. Buat daftar

Penting untuk mengidentifikasi alasan kenapa kamu ingin berhenti merokok. Jadi, buatlah daftar alasan yang bisa dijadikan pengingat ketika keinginan untuk merokok begitu besar.

2. Tentukan waktu berhenti

Bila tak menentukan tanggal kapan kamu ingin benar-benar berhenti merokok, kamu akan selalu menundanya. Maka tak ada salahnya untuk bertekad bahwa di akhir Ramadan, kamu sudah benar-benar bebas dari kecanduan merokok.

3. Singkirkan rokok saat berhenti

Singkirkan rokok beserta pernak-perniknya seperti pemantik dan lainnya. Adanya benda-benda terkait rokok di sekitarmu hanya akan meningkatkan keinginan merokok dan memudahkan untuk kembali merokok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cari teman

4. Lakukan bersama teman

Berjuang melawan kecanduan rokok ketika dilakukan sendirian memang terasa berat. Tapi hal itu akan ringan bila dilakukan bersama-sama teman. Kamu dan teman bisa saling mengingatkan dan menguatkan tekad untuk benar-benar berhenti.

5. Pilih cemilan sehat

Ketika keinginan untuk merokok begitu besar, cemilan sehat bisa mengalihkan dorongan itu.

6. Alihkan perhatian

Setiap kali muncul keinginan untuk merokok, coba alihkan perhatian pada hal lain. Berolahraga menjelang berbuka juga bisa mengalihkan keinginan merokok. Lakukan aktivitas apa pun yang bisa mengalihkan perhatian dari dorongan merokok.

7. Jangan tergoda setelah berbuka

Seharian berpuasa membuatmu tak menyentuh rokok, tetap lakukan itu meski telah berbuka. Melepaskan rokok secara perlahan dan bertahap lebih mudah dilakukan ketimbang langsung berhenti sama sekali.

Banyak cara bisa dilakukan untuk berhenti merokok. Tapi niat yang kuat untuk berhenti merokok adalah yang paling utama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.