Sukses

Salat Tarawih di Ketinggian Bakal Digelar di Danau Gunung Tujuh

Salat Tarawih di atas ketinggian ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan komunitas di Kabupaten Kerinci, Jambi

Liputan6.com, Jambi - Para pegiat dan penyinta alam di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi merencanakan akan menggelar peringatan Nuzul Quran serta salat Tarawih di Danau Gunung Tujuh. Danau ini menjadi danau tertinggi di Indonesia yakni dengan ketinggian 1950 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Khairul Amar selaku panitia pelaksana kegiatan ini mengatakan, acara Nuzul Quran dan salat Tarawih di ketinggian itu merupakan yang kedua kalinya dilakukan. Pertama digelar pada 2016 lalu.

"Acara ini gratis bagi siapa saja," kata Khairul, Minggu, 27 Mei 2018.

Nuzul Quran dan salat Tarawih di ketinggian Danau Gunung Tujuh itu dijadwalkan akan dilaksanakan pada Sabtu 2 Juni 2018 nanti. Bagi yang ingin ikut diminta untuk berkumpul di base camp Kerinci Petualang Lubuk Pauh Gunung Tujuh.

Ada beberapa rangkaian pada acara tersebut, yakni sahur dan buka bersama. Lalu dilanjutkan dengan salat Tarawih berjamaah serta peringatan Nuzul Quran.

Bagi yang berminat bisa menghubungi panitia di nomor 082179338491 atau 085226460612.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh merupakan Danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro.

Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci, gunung api tertinggi di Indonesia. Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia. Danau ini berada di ketinggian 1.950 mdpl atau tertinggi nomor dua setelah 13 danau yang terdapat di Gunung Talamau, Sumatera Barat dengan ketinggian 2750 mdpl.

Dengan ketinggian hampir dua kilometer air Danau Gunung Tujuh terkenal amat dingin khususnya di pagi hari. Ini menjadi tantangan menarik bagi para pendaki.

Sesuai namanya, Danau Gunung Tujuh dikelilingi oleh tujuh gunung. Yakni Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl) serta Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl).

Di beberapa gunung ini terdapat mata air yang menyebabkan air di Danau Gunung Tujuh tidak pernah habis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.