Sukses

Baca 1 Juz Bergantian, Kelompok Napi Khatam Alquran Setiap Malam

Kelompok tadarus warga binaan yang beranggotakan 37 orang memulai kegiatan tadarus Alquran seusai salat tarawih bulan Ramadan.

Liputan6.com, Cikarang - Narapidana atau napi yang menjadi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, rutin tadarus Alquran selama bulan puasa. Mereka bahkan mengkhatamkan Alquran setiap malam selama bulan Ramadan.

Kepala Lapas Cikarang Kadek Anton Budiharta mengatakan, kelompok tadarus warga binaan yang beranggotakan 37 orang memulai kegiatan tadarus Alquran seusai salat tarawih.

"Setiap warga binaan di kelompok itu membaca setidaknya satu juz secara bergantian, sehingga setiap malam kelompok tadarus ini khatam Alquran," ucapnya di Cikarang, Senin (28/5/2018), dilansir Antara.

Kadek menjelaskan, pendidikan agama menjadi salah satu prioritas dalam kegiatan pembinaan di Lapas Cikarang. Rincinya, menjadikan kemampuan membaca Alquran sebagai salah satu faktor yang ikut membantu narapidana beragama Islam untuk mendapat pengurangan hukuman dan pembebasan bersyarat.

"Jadi ini memang menjadi komitmen kami agar minimal setelah mereka keluar dari sini sudah memiliki modal agama. Bisa membaca Alquran minimal Iqra Empat menjadi salah satu syarat mengurus PB (Pembebasan Bersyarat), CB (Cuti Bersyarat), dan memperoleh remisi di samping syarat lainnya," katanya.

Selama Ramadan, Lapas Cikarang juga menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi untuk menggelar kegiatan pesantren Ramadan yang diikuti lebih dari 1.500 warga binaan. Kegiatan itu mencakup pemberian materi kerohanian seperti tauhid, fikih, dan tahfiz Alquran.

"Materi dan narasumbernya disiapkan oleh Baznas," ujar Kadek.

Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan nilai keimanan warga, serta memupuk silaturahmi dan kerukunan sesama warga binaan di lapas.

Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Abdul Aziz mengatakan, lembaganya bekerja sama dengan Lapas Cikarang sejak tahun 2017. "Tahun lalu kita pecahkan rekor Muri (Museum Rekor-Dunia Indonesia) membaca Alquran serentak seluruh warga binaan dan di kesempatan yang sama pula kita membagikan 300 Alquran ke lapas," katanya.

Sementara, kegiatan Ramadan di Lapas Cikarang tahun ini meliputi pesantren 20 hari yang melibatkan pengisi materi dari Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Dompet Dhuafa, dan Komunitas Kampung Quran Cikarang yang membantu dalam pelatihan baca tulis Alquran.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.