Ingat, 2 Ruas Tol Ini Bisa Dilewati Pemudik Gratis Saat Lebaran 2018

Oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana pada 28 Mei 2018, 12:22 WIB
Diperbarui 28 Mei 2018, 12:22 WIB
Tol Pejagan-Pemalang (Dok Foto: Kementerian PUPR)
Perbesar
Tol Pejagan-Pemalang (Dok Foto: Kementerian PUPR)

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik bagi pemudik. Pemerintah menetapkan jika dua ruas tol, yakni Tol Salatiga-Kartasura sepanjang 32 kilometer (km) dan Tol Pejagan-Pemalang 37,3 km bisa dilalui pemudik Lebaran 2018 secara gratis. Kedua tol ini bisa dilalui fungsional masyarakat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas Tol Salatiga-Kartasura bisa dilalui tanpa harus keluar tol. Saat ini masih dilakukan pengerjaan jalan sepanjang 1,3 km berupa tanah yang akan dilapis dengan lean concrete setebal 10 cm.

Ditargetkan, jalur Tol Salatiga-Kartasura bisa dipakai pada awal Juni nanti. Meski begitu, ada sebuah pengecualian untuk Jembatan Kali Kenteng yang menurut dia masih belum bisa dilalui.

"Ditargetkan tanggal 2 Juni 2018 (Tol Salatiga-Kartasura) sudah selesai, termasuk jembatan sudah tersambung, kecuali Jembatan Kali Kenteng. Untuk mengatasinya telah disiapkan jalan alternatifnya," ucap Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (28/5/2018).

Jalan alternatif yang disiapkan, yakni jalan melintasi bawah jembatan sepanjang 500 meter, yang terdiri dari dua lajur dengan pengerasan beton. Jembatan Kali Kenteng ditargetkan rampung pada akhir 2018.

Setelah pekerjaan konstruksi tol selesai pada 2 Juni 2018, akan dilanjutkan pembersihan, pemasangan penerangan, dan penyiapan rest area hingga 8 Juni 2018.

Nantinya, akan terdapat dua rest area pada ruas ini, yakni rest area Koripan dan rest area Mudal. Tempat peristirahatan tersebut bakal dilengkapi berbagai fasilitas tempat parkir, musala, pos kesehatan, bengkel darurat, toilet, hingga rumah makan.

Demikian pula, ruas Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 37,3 km dari Brebes Timur hingga Pemalang sudah dalam kondisi mantap untuk dilalui secara fungsional tanpa tarif alias gratis pada saat mudik nanti.

"Untuk laporan sekarang, ruas tol dari Brebes ke Pemalang insyaallah sudah bisa kita tembus dengan kondisi mantap," kata dia.

Terkait jadwal pembukaan jalur tol tersebut, dia mengatakan Kementerian PUPR akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku koordinator pelaksanaan mudik Lebaran.

"Kita bertugas memastikan agar sarana dan prasarananya dapat digunakan paling lambat pada H-10 Lebaran, atau sekitar tanggal 9 Juni (2018) saat dimulainya liburan," ujarnya.

Tonton Video Ini:

 

2 dari 2 halaman

Kondisi

Sebagai tambahan informasi, Tol Pejagan-Pemalang sepanjang ruas Brebes Timur hingga Pemalang kini kondisinya terbilang sudah bagus, dengan dilakukannya pengerasan jalan menggunakan beton (rigid pavement).

Jalur tersebut saat ini tengah menjalani uji laik fungsi dan operasi oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Adapun jalan Tol Pejagan-Pemalang yang berjarak total 57,5 km dikerjakan oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road, dengan nilai investasi sebesar Rp 7,26 triliun. Ruas itu sendiri untuk Seksi I dan II, sebelumnya sudah dioperasikan sampai pintu Tol Brebes Timur

Lebih lanjut, Menteri Basuki menjelaskan, pemudik yang hendak lanjut dari Tol Cikampek menuju Brebes Timur dan melanjutkan ke Semarang, telah difasilitasi oleh pembangunan gardu tol sementara di daerah Sewaka-SS, sekitar Km 294 Tol Pejagan-Pemalang.

"Kalau dari Cikampek ke Semarang tidak keluar di Brebes bayarnya akan gratis di Sewaka ini. Setelah itu juga bakal gratis dari Brebes Timur hingga Semarang untuk mudik Lebaran," dia memungkasi.

Lanjutkan Membaca ↓