Sukses

Hari ke-12 Puasa Ramadan, Cek Jadwal Imsak dan Doa Niat Puasa

Hari ini, Senin (28/5/2018), umat Islam di Indonesia telah memasuki hari puasa Ramadan ke-12. Jadwal Imsak pukul berapa?

Liputan6.com, Jakarta - Puasa merupakan salah satu dari rukun Islam. Perintah untuk berpuasa di Bulan Suci Ramadan telah tertulis dalam Alquran. Karena itu, setiap Muslim di dunia wajib menjalankannya.

Hari ini, Senin (28/5/2018), umat Islam di Indonesia telah memasuki hari puasa ke-12. Tak ada perubahan berarti untuk jadwal Imsak dan jadwal buka puasa dibanding dengan hari-hari sebelumnya.

Berdasarkan Jadwal Imsakiyah Ramadan 1439 Hijriah yang dikeluarkan Kementerian Agama, jadwal Imsak pada hari ke-12 Ramadan yakni pukul 04:26 WIB.

Selanjutnya menyusul waktu azan Subuh pada pukul 04:36 WIB,

Sebelum waktu Imsak datang, umat Islam yang berpuasa diharuskan sahur. Aktivitas sahur berakhir setelah masuknya waktu Imsak. Jangan lupa melafalkan doa niat puasa sebelum azan Subuh berkumandang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Niat Berpuasa

Saat sahur, kita wajib melafalkan doa niat berpuasa, bisa dalam hati maupun bersuara.

Berikut doa niat puasa Ramadan:

"Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa."

Artinya:

Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di Bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'aala.

Niat puasa Ramadan tidak selalu harus diilafalkan dalam bahasa Arab. Tetapi juga bisa dengan Bahasa Jawa atau bahasa lain.

Lalu kapan membaca niat puasa?

Pada dasarnya niat puasa Ramadan bisa diucapkan mulai setelah Magrib hingga pada waktu Imsak tiba, atau sebelum datangnya waktu subuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.