Sukses

Cara Mudah Merawat Kamera dan Sensor Parkir Mobil

Kamera dan sensor parkir merupakan komponen yang kini cukup banyak disematkan sebagai fitur standar .

Liputan6.com, Jakarta - Kamera dan sensor parkir merupakan komponen yang kini cukup banyak disematkan sebagai fitur standar.

Sama halnya dengan komponen lain pada kendaraan, baik kamera dan sensor parkir membutuhkan perawatan. Soalnya, kedua komponen tersebut merupakan perangkat elektrik yang rentan apabila tidak mendapatkan perawatan. Menurut salah seorang sumber dari Daihatsu yang dihubungi Otosia, kebersihan menjadi fokus utama dalam merawat kamera dan sensor parkir.

"Yang harus diperhatikan adalah kebersihannya, dijaga baik dari debu maupun lumpur atau aspal," jelas pria yang enggan disebut namanya ini.

Hal tersebut bertujuan agar fitur dapat bekerja dengan baik terutama sensor. Di mana komponen ini berfungsi membaca adanya objek yang mendekat. Apabila terdapat kotoran menutupi sensor, tentunya kinerjanya akan terganggu.

Di samping itu, dalam upaya membersihkan ada baiknya tidak menyiram area ini menggunakan semprotan air bertekanan tinggi atau yang dikenal cuci steam. Jika terpaksa sebaiknya tidak terlalu lama.

"Kalau sensornya sendiri waterproof, namun juga jangan disemprot menggunakan steam pressure karena bisa menyebabkan short circuit (arus pendek)," jelasnya.

 Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Sumber : Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terlalu Kreatif, Ojek Online Pakai Kamera HP Sebagai Spion Motor

Kaca spion memang merupakan piranti yang penting untuk berkendara, baik motor ataupun mobil. Spion berguna untuk keselamatan berkendara, agar rider tak harus sibuk menoleh ke kiri atau kanan untuk memantau situasi samping. Sebab gerakan menoleh yang tak sewajarnya bisa membahayakan keseimbangan.

Namun apa jadinya jika spion motor diganti dengan menggunakan kamera handphone? Seperti yang sedang viral di media sosial, sebuah akun Instagram @newdramaojol.id, mengunggah pengendara motor yang menggunakan kamera handphone-nya sebagai pengganti spion.

 

 

Dari foto tersebut, tampaknya si pengendara merupakan ojek online. Entah karena terlalu kreatif atau memang sekadar iseng, kamera handphone dalam posisi aktif, dipasang menjadi spion bahkan saat kendaraan sedang berjalan.

Namun jika dilihat kembali, kamera tersebut menyala dengan menggunakan kamera depan.

Bisa jadi, ojek online ini menggunakan handphonenya tak hanya untuk spion tapi juga dijadikan sebagai pengganti kamera laga yang seharusnya menempel di helm atau di stang motornya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.